Untuk Warga Surabaya Besok Jangan Kaget ya, Ada Pengumuman Kominfo

0
293

Penonton TV di wilayah Jawa Timur, termasuk Surabaya dan sekitarnya, harus mempersiapkan diri untuk pindah ke TV digital. Besok 20 Desember 2022, siaran TV analog di wlayah Jawa Timur akan mati total.

Matinya siaran TV analog Jawa Timur menandakan bahwa seluruh wilayah di pulau Jawa telah pindah ke siaran digital. Sebelumnya, siaran TV analog juga sudah dimatikan di wilayah Bandung, Semarang, Yogyakarta, Solo, dan sekitar kota besar tersebut.

Penghentian siaran TV analog di Jawa Timur sudah diumumkan oleh Kemenkominfo sejak beberapa pekan yang lalu.

“Lembaga penyiaran bersepakat melaksanakan penghentian siaran analog ke siaran tv digital pada tanggal 20 Desember 2022 pukul 24.00 untuk wilayah Jawa Timur-1,” kata Dirjen IKP Kementerian Kominfo, Usman Kansong dalam keterangannya yang diterima CNBC Indonesia, dikutip Senin (19/12/2022).

Wilayah Jatim-1 meliputi 10 Kabupaten/kota, yaitu:

  1. Kabupaten Pasuruan
  2. Kabupaten Sidoarjo
  3. Kabupaten Mojokerto
  4. Kabupaten Jombang
  5. Kabupaten Lamongan
  6. Kabupaten Gresik
  7. Kabupaten Bangkalan
  8. Kota Pasuruaan
  9. Kota Mojokerto
  10. Kota Surabaya

Penduduk yang tinggal di wilayah tersebut harus siap untuk bermigrasi ke siaran TV digital. Ada beberapa cara yang bisa masyarakat lakukan untuk menonton siaran televisi digital.

Untuk menyaksikan siaran TV digital, masyarakat perlu menyiapkan perangkat TV digital. Namun jika tidak ada, bisa menggunakan set top box (STB) dan memasangnya di perangkat analog yang dimiliki.