Binance Caplok Tokocrypto, Tunjuk CEO Baru

0
338

Raksasa ekosistem Blockchain global, Binance menjadi pemilik saham mayoritas di pedagang aset kripto Indonesia, Tokocrypto. Perusahaan juga menunjuk bos baru setelah pendiri dan CEO Pang Xue Kai mundur dari posisinya.

Dalam keterangan yang diterima CNBC Indonesia, Senin (19/12/2022), Binance menambahkan kepemilikan saham di Tokocrypto secara bertahap hingga hampir 100%. Kesepakatan keduanya juga berdasarkan investasi yang dilakukan sebelumnya tahun 2020 lalu.

Sementara itu Pang Xue Kai akan digantikan oleh Yudhono Rawis menjadi Interim CEO. Sementara itu Pang Xue Kai tetap menjadi Dewan Komisaris TokoCrypto.

Pang Xue Kai menjelaskan keputusan yang dibuat berdasarkan pertimbangan yang matang. Selain juga ini merupakan langkah terbaik untuk perusahaannya tersebut.

“Tokocrypto hadir dari gagasan kami lebih dari empat tahun yang lalu dan saya sangat bangga melihat setiap pertumbuhan, pencapaian, dan kontribusi yang telah dibuat perusahaan untuk memajukan ekonomi digital Indonesia,” jelasnya.

“Keputusan ini dilakukan setelah melalui pertimbangan matang dan kami memutuskan bahwa langkah terbaik untuk Tokocrypto ke depan adalah memanfaatkan kemampuan Binance untuk membangun platform perdagangan fisik aset kripto yang lebih lanjut.”

Seiring dengan proses pengambilalihan 100% saham, Tokocrypto juga akan melakukan perampingan perusaan termasuk pemutusan hubungan kerja (PHK).

Yudhono Rawis, Interim CEO Tokocrypto, mengatakan,”Sangat disayangkan kami harus melakukan perampingan perusahaan untuk memastikan bahwa kami tetap dalam posisi yang baik untuk menghadapi kondisi ekonomi makro yang tidak pasti dan kami menyampaikan permintaan maaf yang tulus kepada karyawan yang terkena dampak.

Dia memastikan bahwa Tokocrypto akan memberikan dukungan penuh pada karyawan yang terdampak selama masa transisi ini.

“Dan memastikan bahwa semua penyesuaian tidak akan memengaruhi standar operasional bisnis kami untuk seluruh pengguna Tokocrypto,” kata Yudhono.