Lagi viral di media sosial soal ChatGPT. Konon katanya, ChatGPT adalah teman yang asik buat curhat, mitra asik untuk bekerja sampai mentor skripsi yang seru dan mampu memberikan data yang sesuai kebutuhan.

Selain itu, ChatGPT juga beberapa kali membantu memperbaiki bug yang ada pada sebuah sistem. Sekiranya itu yang disampaikan oleh sejumlah netizen di Twitter.

Wih, sebenarnya apa itu ChatGPT? ChatGPT adalah AI yang bisa digunakan untuk bercakap-cakap. Rasanya pun lebih nyambung ketika chat dengan model AI ini. Sebab, ‘ChatGPT: Optimizing Language Models for Dialogue’ dari OpenAI memang didesain mampu bercakap sesuai konteks.

“Kami telah melatih model yang disebut ChatGPT yang berinteraksi dengan cara percakapan. Format dialog memungkinkan ChatGPT untuk menjawab pertanyaan tindak lanjut, mengakui kesalahannya, menantang premis yang salah, dan menolak permintaan yang tidak pantas. ChatGPT adalah model saudara dari InstructGPT, yang dilatih untuk mengikuti instruksi secara cepat dan memberikan respons mendetail,” jabar OpenAI di halaman situs resminya.

Mulai tertarik untuk ngobrol dengan ChatGPT? Berikut ini cara menggunakan ChatGPT:

1. Buka situs beta.openai.com
2. Login dengan akun OpenAI, kalau belum silahkan signup menggunakan akun Gmail atau Microsoft
3. Pada halaman awal, pilih ‘Try it’ yang ada di bawah tulisan ‘Introduction ChatGPT research release’
4. Masukkan pertanyaan yang ingin kamu ajukan
5. ChatGPT akan merespon, kamu bisa memintanya melanjutkan percakapan dengan menulis ‘continue’.