Bahaya tidur di dalam mobil saat AC menyala ternyata bisa mengancam keselamatan jiwa hingga berujung fatal. Terutama saat mesin mobil dan AC nyala bersamaan, sedangkan keadaan mobil tidak melaju, kondisi ini sebaiknya dihindari.

Dirangkum berbagai sumber, berikut beberapa alasan berbahaya yang perlu diwaspadai apabila tidur di dalam mobil saat AC menyala.

1. Terjadi kebocoran AC

Ketika tertidur sambil menghidupkan AC tapi keadaan mobil hanya parkir dan tidak bergerak, ini bisa mengakibatkan kebocoran gas. Sebab mesin AC harus terus menyala sedangkan mobil tidak melaju, sehingga tidak ada sirkulasi udara yang berputar.

Akibatnya AC jadi bermasalah dan gas yang dihasilkan dari kebocoran mesin terkurung masuk ke dalam mobil.

2. Berisiko keracunan gas CO

Bahaya tidur di dalam mobil saat AC menyala juga berisiko terkontaminasi gas CO atau Karbon Monoksida yang beracun. Gas CO ini bisa berasal dari kebocoran AC, yang kemudian masuk ke baling-baling AC, lalu uap tersebut dihirup manusia yang sedang tidur dalam mobil.

Menurut Pusat Pengendalian Penyakit (CDC) gas CO disebut-sebut silent killer karena tidak berbau dan berwarna. Namun ketika CO terhirup manusia, ini bisa memicu mual, sakit kepala, nyeri dada, sesak napas, kelelahan, pingsan, hilang ingatan, hingga berujung kematian.

3. Dehidrasi tubuh

Efek lain dari keracunan gas CO AC mobil yaitu membuat tubuh jadi dehidrasi atau kehilangan cairan. Meskipun paparan gas CO yang terperangkap dalam mobil hanya sedikit, tetap berpotensi terhirup dan mengganggu oksigen yang akan masuk ke tubuh.

Akibatnya kadar oksigen tubuh menurun drastis, lalu kehilangan cairan sampai dehidrasi dan memicu lemas hingga kehilangan kesadaran.

Cara Aman Tidur di Mobil

Apabila Anda sedang bepergian jauh dan mengharuskan tidur dalam mobil, berikut cara aman yang bisa dilakukan.

  1. Sebelum pergi, cek terlebih dahulu mesin mobil dan pastikan AC dalam keadaan baik dan tidak bocor.
  2. Cari rest area untuk istirahat sejenak selama bepergian jauh.
  3. Jika dalam perjalanan macet panjang, Anda bisa mematikan mesin mobil dan AC lalu buka jendela agar ada udara masuk.
  4. Jika memerlukan tidur, boleh tidur dalam mobil tapi mesin harus dalam keadaan mati dan sebaiknya membuka sedikit kaca jendela.
  5. Alternatif lain sebaiknya cari tempat penginapan daripada harus bermalam di mobil. Selain berbahaya, Anda pun tidak bisa tidur dengan nyaman.

    Itulah beberapa bahaya tidur di dalam mobil saat AC menyala yang perlu diwaspadai agar tidak membahayakan keselamatan jiwa.