Operasi Angkat Rahim Melaney Ricardo Karena Adenomiosis, Apa Itu?

0
280

Artis dan presenter Melaney Ricardo melakukan operasi pengangkatan rahim. Apa itu operasi angkat rahim Melaney Ricardo?

Dalam unggahannya di Instagram, Melaney mengungkapkan bahwa dirinya sudah tak lagi berahim. Cerita tentang operasinya ini dikisahkan dalam vlog pribadinya.

Dia mengungkapkan operasi pengangkatan rahim ini disebabkan lantaran adenomiosis dengan prosedur laparoskopi robotik.

Mengutip Mayo Clinic, adenomiosis terjadi ketika jaringan yang biasanya melapisi rahim (jaringan endometrium) tumbuh ke dalam dinding otot rahim.

Jaringan ini akan menebal, pecah, dan berdarah selama siklus menstruasi, ini normal. Namun ketika mengalami adenomiosis, rahim akan membesar dan nyeri sehingga menyebabkan menstruasi berat dan menyakitkan.

Adenomyosis dapat menyebabkan kram menstruasi, tekanan perut bagian bawah, dan kembung sebelum periode menstruasi dan dapat menyebabkan menstruasi yang berat.

Dokter tidak yakin apa yang menyebabkan adenomiosis, tetapi penyakit ini biasanya sembuh setelah menopause. Untuk wanita yang mengalami ketidaknyamanan parah akibat adenomiosis, perawatan hormonal dapat membantu. Pengangkatan rahim (histerektomi) menyembuhkan adenomiosis.

Terkadang, adenomiosis tak menimbulkan gejala apapun, terkadang hanya menimbulkan rasa tak nyaman. Ini paling sering didiagnosis pada wanita paruh baya dan wanita yang memiliki anak. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa wanita yang pernah menjalani operasi rahim mungkin berisiko terkena adenomiosis.

Akan tetapi adenomiosis ini dapat menyebabkan gejala:
– Pendarahan menstruasi yang berat atau berkepanjangan
– Kram parah atau tajam, nyeri panggul seperti pisau selama menstruasi (dismenore)
– Nyeri panggul kronis
– Hubungan seksual yang menyakitkan (dispareunia)

Meskipun adenomiosis dianggap sebagai kondisi jinak (tidak mengancam jiwa), rasa sakit yang sering dan pendarahan hebat yang terkait dengannya dapat berdampak negatif pada kualitas hidup wanita.

Meskipun adenomiosis dianggap sebagai kondisi jinak (tidak mengancam jiwa), rasa sakit yang sering dan pendarahan hebat yang terkait dengannya dapat berdampak negatif pada kualitas hidup wanita.

Mengutip WebMD, satu-satunya cara pasti untuk mendiagnosis adenomiosis adalah dengan melakukan histerektomi dan memeriksa jaringan rahim di bawah mikroskop.

Adenomiosis bisa diobati dengan beberapa cara. Perawatan untuk adenomiosis sebagian bergantung pada gejala Anda, tingkat keparahannya.

Beberapa pengobatannya antara lain dengan obat antiinflamasi, terapi hormon, embolisasi arteri uterina, dan ablasi endometrium.

Namun satu-satunya obat pasti untuk adenomiosis adalah histerektomi, atau operasi pengangkatan rahim, seperti operasi angkat rahim Melaney Ricardo. Ini seringkali merupakan pengobatan pilihan untuk wanita dengan gejala yang signifikan.

Sumber : CNN [dot] COM