Seperti Ini Caranya Membuat Polling di Grup Whatsapp, Kamu Baru Tau Ya ?

0
380

Tak perlu bingung lagi untuk mencari pendapat teman-teman ingin makan apa atau di mana. Kamu tinggal menggunakan fitur baru dari WhatsApp, Polling, untuk memudahkan mengambil keputusan bersama dengan banyak orang.

Fitur ini tersedia untuk pengguna Android dan iOS, serta juga bisa digunakan baik pada chat individu dan juga grup. Namun untuk saat ini, Polling baru bisa dinikmati pada versi aplikasi mobile saja dan India Today menjelaskan kemungkinan akan hadir untuk web di masa depan.

Jika kamu dan teman-temanmu ingin menggunakan Polling, pastikan sudah menggunakan versi aplikasi terbaru. Fitur di Android sudah tersedia pada aplikasi 2.22.23 dan iOS pada 22.23.74.

Cara menggunakannya pun sederhana. Pengguna hanya tinggal memilih dari 12 opsi polling yang dihadirkan dengan menekan salah satu pilihannya.

Cara Buat Polling WhatsApp

Simak caranya berikut untuk membuat Polling WhatsApp, dikutip dari India Today, Selasa (21/2/2023):

1. Buka aplikasi WhatsApp
2. Buka chat individu atau grup yang akan dibuat Polling
3. Klik tombol lampiran di samping kotak pesan dan ketuk ikon Poll
4. Di jendela untuk Polling, tambahkan pertanyaan Anda. 5. Jangan lupa masukkan opsi untuk dipilih. Jumlah opsi yang bisa dipilih bisa mencapai 12 pilihan
6. Anda dapat mengetuk dan menyeret ikon ‘Hamburger’ pada sisi kanan pilihan untuk mengubah urutan
7. Klik opsi kirim
8. Polling selesai dibuat

4 Fitur baru Whatsapp

WhatsApp terus menambahkan fitur baru di layanannya. Kali ini, pembaruan lebih fokus pada pengalaman mengirim pesan. Simak berikut ini, dirangkum dari Gizmochina, Kamis (16/2/2023).

WhatsApp bisa kirim 100 foto sekaligus

Sebelumnya, WhatsApp hanya bisa mengirim 30 foto dan video dalam waktu bersamaan. Namun, melalui pembaruannya, pengguna WhatsApp bisa mengirimkan 100 foto sekaligus.

CNBC Indonesia sudah mencobanya sendiri. Pengguna cukup memilih foto atau video mana saja yang ingin dikirim, lalu mengirimkannya ke kolom chat ke teman.

WhatsApp bisa menambahkan caption foto dan dokumen

Sebelum mengirim foto dan dokumen ke teman, pengguna bisa menyisipkan caption. Selain itu, ketika forward foto dan dokumen tersebut, caption-nya akan ikut serta.

Sebelumnya, ketika forward foto dan dokumen, caption-nya akan otomatis hilang. Dengan begini, pengguna bisa lebih praktis dan tak memakan waktu.

Nama dan deskripsi Grup WhatsApp bisa panjang

Dengan pembaruan ini, nama grup WhatsApp bisa sampai 100 karakter. deskripsinya juga bisa lebih panjang daripada versi sebelumnya.

Dengan begitu, ketika punya grup kantor, pengguna bisa menyisipkan banyak link penting di deskripsi. Untuk grup komunitas, beragam peraturan dan kebijakan grup juga bisa ditulis lebih lengkap.

WhatsApp bisa membuat Meta Avatar

Pembaruan lainnya adalah membuat Meta Avatar, yang opsi personalisasinya lebih detail dari versi sebelumnya. Pengguna bisa menggunakan Avatar ini sebagai stiker atau foto profil.

Caranya cukup ke Settings > Avatar > Create Your Avatar. Setelah itu, pengguna bisa memilih warna kulit yang lebih komplit, model rambut dan warnanya, baju, warna dan bentuk mata, aksesori, serta make up wajah Jika sudah selesai, cukup klik ‘Done’.