9 Rekomendasi Tempat Wisata di Tawangmangu, Air Terjun hingga Taman

0
287

Tawangmangu adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Berada di lereng barat Gunung Lawu membuat kawasan ini memiliki udara yang sejuk. Karenanya, tempat wisata di Tawangmangu menjadi sayang untuk dilewatkan.

Ada sejumlah rekomendasi tempat wisata di Tawangmangu yang dapat Anda dan keluarga kunjungi. Mulai dari air terjun, kebun, hingga pegunungan yang eksotis.

Anda bisa mengajak orang-orang tersayang untuk berlibur atau sekedar mampir untuk bersantai dan berfoto-foto di salah satu tempat wisata ini.

Berikut rekomendasi tempat wisata di Tawangmangu yang dapat menjadi pilihan.

1. Air Terjun Kedung Sriti

Air Terjun Kedung Sriti merupakan air terjun yang sangat asri dan sejuk oleh pepohonan. Ketinggian air terjun ini diperkirakan sekitar 10 meter. Airnya yang jernih dan menyegarkan sangat cocok untuk berendam.

Jika tertarik ke tempat ini, Anda bisa mengunjunginya di antara Dusun Pancot Kelurahan Kalisoro dan Dusun Plalar Desa Tengklik Kecamatan Tawangmangu.

2. Bukit Sekipan

Bukit Sekipan

Tempat wisata di Tawangmangu berikutnya adalah Bukit Sekipan. Lokasinya terletak di Jalan Sekipan, Kramat Kalisoro, Tawangmangu.

Di tempat ini, Anda dan keluarga dapat mencoba berbagai wahana permainan dan berfoto di depan berbagai ikon dunia. Bukit Sekipan juga memiliki banyak wahana permainan yang menarik, seperti miniatur kapal Titanic, jembatan goyang, area hantu, mini coaster, dan lainnya.

3. Candi Sukuh

Tawangmangu juga memiliki sejumlah peninggalan purba, salah satunya adalah Candi Sukuh. Situs ini memiliki tampilan yang unik karena memiliki bentuk mirip dengan Piramida Suku Maya.

Candi yang merupakan salah satu peninggalan Kerajaan Majapahit ini diperkirakan ada pada adab ke-15 Masehi. Untuk lokasinya, Candi Sukuh berada di Tambak, Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

4. Gunung Lawu

Wisata berikutnya ini cocok untuk Anda yang gemar mendaki, yakni Gunung Lawu yang merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa. Jalan menuju kawah dapat dilalui lewat jalur Cemoro Sewu.

Apabila tertarik ke Gunung Lawu, jangan lupa siapkan perlengkapan dan tiket retribusi sebesar Rp20 ribu.

5. Grojogan Sewu

Grojogan Sewu waterfall where is located not so far from Solo is the main tourist attraction in the Tawangmangu area.

Grojogan Sewu merupakan nama air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 80 meter. Air terjun yang beralamat di Jalan raya Tawangmangu, Beji, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah ini merupakan salah satu tempat wisata favorit di Tawangmangu.

Untuk mencapai air terjun ini, Anda harus melalui tangga yang diperkirakan sebanyak 1.250 anak tangga.

6. Rumah Atsiri Indonesia

Rekomendasi tempat wisata di Tawangmangu bernama Rumah Atsiri ini sayang dilewatkan jika Anda berkunjung ke Jawa Tengah.

Rumah Atsiri merupakan pabrik essential oil hasil restorasi dari pabrik Citronella Indonesia Bulgaria yang beralamat di Jalan Watusambang, Plumbon, Kecamatan Tawangmangu.

Arsitektur Rumah Atsiri saat ini tetap menjaga bentuk autentiknya seperti pada 1963 tetapi dengan penambahan nuansa modern. Di tempat ini, Anda bisa menikmati aromatic garden yang penuh dengan berbagai jenis bunga.

7. Sakura Hills

Mengusung konsep wisata ala Jepang dengan suasana Gunung Lawu membuat tempat wisata bernama Sakura Hills kerap dipenuhi oleh pengunjung. Di sini, Anda akan disuguhkan pemandangan indah pohon-pohon sakura dengan latar Gunung Lawu.

Selain itu, terdapat juga bangunan ikonis khas Jepang, seperti taman sakura, forest canopy, dan supercamp. Lokasinya ada di Jalan Tawangmangu, Magetan, Cemoro Kandang, Kecamatan Tawangmangu.

8. Tawangmangu Wonder Park

Tawangmangu Wonder Park

Tawangmangu Wonder Park merupakan tempat wisata yang memiliki berbagai macam wahana untuk anak-anak dan dewasa sehingga cocok menjadi tempat wisata keluarga.

Di tempat ini, terdapat wahana menarik yang bisa dijajal Anda dan keluarga seperti berkemah, ATV, outbond, berkuda, hingga bertualang dengan mobil Jeep.

Untuk lokasi, Tawangmangu Wonder Park berada di Jalan Ombang-Ombang, Blumbang, Kecamatan Tawangmangu, Kebupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

9. The Lawu Park

Taman hiburan bernama The Lawu Park ini juga cocok menjadi tempat wisata keluarga. Banyak sekali wahana seru yang cocok untuk liburan buah hati.

Lokasinya terletak di Bulakrejo, Gondosuli Kidul, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Itulah rekomendasi tempat wisata di Tawangmangu. Selamat berwisata, ya!

Sumber : CNN [dot] COM