Heboh Racun Jamur Keanumycins, Keanu Reeves Buka Suara

0
249

Para ilmuwan baru-baru ini menemukan molekul pembunuh jamur. Molekul tersebut diberi nama ‘Keanumycins’ yang terinspirasi dari aktor Hollywood Keanu Reeves.

Keanumycins disebut sangat ampuh melawan jamur yang membunuh tanaman dan menginfeksi manusia. Ia menjadi tambahan “senjata” baru melawan fungisida.

Menurut para peneliti, molekul itu dinamai mirip Reeves karena sifatnya yang mematikan, sama seperti peran sang aktor dalam film ‘John Wick’.

Reeves pun menanggapi penamaan tersebut. Ia mengatakan bahwa diabadikan dalam komunitas ilmiah itu luar biasa, tetapi dia bukanlah pembunuh kejam seperti perannya di John Wick.

“Hai, terima kasih, mereka seharusnya menyebutnya John Wick. Tapi terima kasih, para ilmuwan! Semoga berhasil, dan terima kasih telah membantu kami,” kata Reeves dalam forum online Reddit Ask Me Anything, dikutip dari Iflscience, Kamis (9/3/2023).

Molekul-molekul itu ditemukan setelah para ilmuwan mencari alternatif yang layak untuk antimikotik saat ini, dan disebut sekarang sudah kebal terhadap banyak jamur patogen manusia.

Tim menemukan Keanumycins baru yang diproduksi secara alami oleh bakteri, memiliki kualitas yang luar biasa.

“Secara teoritis, supernatan yang mengandung Keanumycin dari kultur Pseudomonas dapat digunakan langsung untuk tanaman,” jelas penulis studi Sebastian Götze, dari Institut Leibniz untuk Penelitian Produk Alami dan Biologi Infeksi, dalam sebuah pernyataan.

Ini juga dapat terurai secara hayati, jadi lebih ramah lingkungan daripada pestisida kimia.

“Selain itu, kami menguji zat yang diisolasi terhadap berbagai jamur yang menginfeksi manusia. Kami menemukan bahwa zat itu sangat menghambat antara lain jamur patogen Candida albicans,” lanjut Götze.

Yang menjanjikan, Keanumycin tampaknya bekerja pada konsentrasi rendah dan tak beracun bagi sel manusia.