Android 14 Meluncur Mei 2023, Apa yang Baru?

0
236

Sistem operasi Android 14 versi publik diduga kuat akan meluncur berbarengan dengan gelaran Google I/O 2023 pada 10 Mei mendatang.

Untuk saat ini, versi beta 2 untuk pengembang sudah tersedia. Dalam pratinjau tersebut, terlihat banyak fitur dan perubahan baru.

Sepertinya akan ada beberapa perubahan menarik pada menu aksesibilitas, yang memberi pengguna lebih banyak opsi terkait notifikasi visual.

Untuk saat ini, ada 2 cara mengatur notifikasi di versi Pratinjau Pengembang. Salah satunya adalah ketersediaan sakelar untuk mengatur flash kamera.

Pengguna bisa menyetelnya agar mati atau nyala ketika ada notifikasi. Pilihan lainnya untuk mengaktifkan atau menonaktifkan layar berkedip ketika notifikasi muncul.

Meskipun masih dalam Pratinjau Pengembang, pengaturan notifikasi ini bisa menjadi pilihan yang tepat bagi pengguna yang membutuhkan notifikasi visual.

Selain itu, ikon senter di area pengaturan cepat juga bisa diaktifkan, sehingga bisa memberi pengguna isyarat visual lain ketika menerima notifikasi.

Untuk notifikasi flash di layar, pengguna bisa memiliki 12 pilihan warna, yang kemudian akan melanjutkan untuk menerangi tampilan setelah notifikasi diterima.

Tidak ada perubahan besar, tetapi jika mau, pengguna juga dapat mengaktifkan kedua notifikasi visual agar keduanya mati saat notifikasi diterima, demikian dikutip dari Xda-developers, Kamis (9/3/2023).

Fitur notifikasi visual seperti ini sebenarnya bukan hal baru. Sebelumnya sudah banyak aplikasi yang melakukan ini dari pengembang pihak ketiga, dan beberapa produsen ponsel seperti Samsung.