5 Tips Supaya WiFi Rumah Lebih Ngebut

0
203
router-internet_169
router-internet_169

Internet lemot pastinya sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Apalagi saat ini segala aktivitas mulai dari pekerjaan, sekolah, hiburan sangat membutuhkan internet.

Cara mempercepat WiFi mungkin dibutuhkan banyak orang yang mengeluhkan internet yang lambat. Dengan mencoba cara-cara di bawah ini mungkin bisa membantu Anda untuk membuat WiFi rumah lebih ngebut.

Berikut CNBC Indonesia rangkum cara supaya wifi di rumah anti lemot dirangkum dari SlashGear, Senin (10/4/2023):

1. Pindahkan router WiFi

Sinyal WiFi bisa saja terhalang oleh beberapa barang yang ada di rumah, seperti lemari, rak buku, hingga dinding. Oleh karena itu, satu cara membuat kecepatan internet meningkat adalah memindahkan router Wifi.

Pindahkan router WiFi ke lokasi yang akan membuat sinyal lebih optimal, yaitu bebas dari penghalang atau cukup dekat dengan perangkat yang terhubung.

Perlu diingat juga, jangan meletakkan router terlalu dekat dengan perangkat lain yang memancarkan gelombang elektromagnetik termasuk oven, microwave, monitor bayi, pemanas listrik, dan remote TV.

2. Gunakan kabel

Untuk mendapatkan kecepatan internet yang terbaik sebaiknya hanya menggunakan internet kabel. Anda dapat menghubungkan komputer dengan router menggunakan kabel ethernet.

Router biasanya memiliki sejumlah porta ethernet. Jadi hanya membutuhkan kabel untuk menggunakannya. Jangan lupa gunakan yang kokoh, karena penggunaannya akan berlangsung dalam waktu yang cukup panjang.

3. Update router WiFi

Pabrikan router biasanya akan merilis pembaruan software dan firmware pada produknya secara rutin. Update ini merupakan tambalan keamanan dan perbaikan bug, jadi bisa membantu kecepatan internet.

Ingat untuk memperbarui firmware router secara rutin. Tetap lakukan ini meski tidak ada masalah jaringan pada internet Wifi Anda.

4. Hapus perangkat dan ganti password

Putuskan koneksi WiFi dengan beberapa perangkat yang tidak perlu namun terhubung dengan router. Makin banyak perangkat yang terhubung maka akan membuat jaringan melambat.

Untuk memutuskan koneksi bisa melihat dalam portal administratif router. Selain itu menggunakan Activity Monitor serta Task Manager untuk memeriksa aplikasi atau program yang mendominasi penggunaan data dan mungkin membuat jaringan internet menjadi melambat.