Apple sedang bersiap untuk membuka toko ritel pertamanya di India. Apple Store terbaru itu akan dibuka pada akhir bulan ini.

Produsen iPhone itu baru saja merilis foto pertama yang menunjukkan eksterior toko pertamanya di India yang bernama Apple BKC. Toko itu berlokasi di pusat perbelanjaan Jio World Drive Mall di Mumbai.

“Terinspirasi oleh seni taksi Kaali Peeli ikonik yang unik di Mumbai, materi promosi Apple BKC mencakup interpretasi warna-warni dari decal yang dipadukan dengan banyak produk dan layanan Apple yang akan tersedia bagi pelanggan kami,” kata Apple dalam keterangan resminya, seperti dikutip dari TechCrunch, Kamis (6/4/2023).

Apple sudah membuka rekrutmen besar-besaran untuk mengisi beberapa posisi di toko ritel pertamanya sejak Januari 2023. Setelah pembukaan toko pertama ini, Apple akan membuka toko keduanya yang berlokasi di Select CityWalk Mall di New Delhi dalam beberapa bulan ke depan.

Apple sudah berjualan produk dan layanannya di India selama hampir dua dekade. Produknya tersedia di beberapa platform e-commerce seperti Amazon, Flipkart, dan reseller lainnya.

Perusahaan yang bermarkas di Cupertino, California ini sebelumnya sudah membuka toko online di India pada tahun 2020. Mereka berencana membuka toko ritel fisik pertamanya di India pada tahun 2021, tapi rencana itu batal karena pandemi COVID-19.

India yang merupakan pasar ponsel terbesar kedua di dunia sebenarnya memiliki kontribusi yang kecil terhadap bisnis Apple. Namun, perusahaan besutan Steve Jobs ini sebelumnya pernah beberapa kali mengungkap optimismenya terhadap pasar ponsel India.

Beberapa mitra produksi Apple seperti Foxconn dan Wistron telah memproduksi perangkat seperti iPhone di India sejak beberapa tahun yang lalu. Analis bahkan memperkirakan Apple akan memperluas kapasitas produksinya di India hingga bisa memproduksi 25% iPhone pada tahun 2025.

Adapun di Indonesia, Apple belum punya Apple Store meski fans Apple terhitung besar di sini. Mungkin ada berbagai pertimbangan sehingga Apple belum melakukannya dan hanya memasarkan gadget-nya di Indonesia melalui distributor.