Google bakal Umumkan Inovasi Sektor AI di Acara I/O

0
148

Raksasa teknologi Google dikabarkan akan merilis sejumlah perubahan besar di pelbagai platformnya termasuk yang berkaitan dengan kecerdasan buatan (AI).

Google kabarnya akan mengumumkan perubahan itu dalam acara Google I/O yang bakal diselenggarakan kurang dari dua hari lagi. I/O adalah acara flagship Google yang berisikan pengumuman terbaru dan update dalam dunia teknologi.

Menurut laporan baru dari CNBC salah satu komponen besar adalah pemodel bahasa besar atau large language model (LLM), PaLM 2, yang digambarkan oleh CNBC sebagai LLM “penggunaan umum” yang “paling baru dan canggih” dari Google.

LLM ini menurut CNBC, tampaknya telah melakukan “berbagai pengujian pengkodean dan matematika serta tes dan analisis penulisan kreatif”.

PaLM pertama diumumkan pada bulan April 2022, beberapa bulan sebelum booming AI baru-baru ini yang dipicu oleh aplikasi seperti ChatGPT.

CNBC melaporkan Google juga akan mengumumkan “pengalaman generatif (generative experience)” untuk pencarian dan Bard, chatbot bertenaga AI yang diluncurkan sebagai percobaan pada bulan Maret.

Hal tersebut termasuk memperluas Bard ke bahasa Jepang dan Korea. Saat ini, Bard hanya tersedia di Amerika Serikat dan Inggris.

Google juga dilaporkan akan mengungkapkan lebih banyak platform AI yang berfokus pada Workspace, termasuk “mendiskusikan pembuatan template di Sheets dan pembuatan gambar di produk Slides dan Meet”.

Lebih lanjut, mereka juga akan mengumumkan fitur-fitur AI untuk Gmail dan Docs pada bulan Maret, namun meluncurkannya terlebih dahulu kepada para ‘penguji terpercaya’ sebelum merilisnya secara publik.

Jadi publik harus menunggu dan melihat apakah fitur-fitur baru ini masih terbatas atau akan tersedia secara lebih luas. Dilansir The Verge, Google belum merinci soal fitur-fitur tersebut.

Dengan munculnya ChatGPT dari OpenAI dan upaya AI agresif dari Microsoft, Google baru-baru ini menempatkan AI sebagai pusat perhatian dalam hampir semua hal yang dilakukan untuk pengembangan produknya.

Google bahkan melakukan pergeseran besar-besaran dalam tubuh perusahaan agar berfokus kepada pengembangan AI.

Kendati demikian, acara  I/O tidak hanya berfokus pada AI. Google telah mengumumkan Pixel Fold dan berjanji untuk berbagi lebih banyak tentang perangkat itu di acara tersebut.

Dalam daftar prajual yang sudah hilang di situs jual beli online Amazon mengungkapkan sejumlah detail tentang Pixel Tablet. Hal ini menandakan, boleh jadi tablet ini akan hadir di acara tersebut.

Sumber : CNN [dot] COM