Cara mengatur spasi di Microsoft Word berikut bisa kamu praktikkan ketika hendak menata teks.
Ada tiga jenis spasi teks yang bisa diatur, yakni spasi antarbaris, antarparagraf, dan antarhuruf. Jarak spasi di Word ini perlu diatur supaya teks rapi, tak berantakan, dan mudah dibaca.
Spasi yang berantakan di Word disebabkan oleh berbagai hal, antara lain pengaturan spasi yang berbeda, hasil copy-paste teks dari sumber dengan format berbeda, dan lain sebagainya.
Nah, kamu bisa mengatur jarak spasi antarbaris, paragraf, serta huruf hanya melalui fitur yang tersedia di dalam software ini. Simak caranya.
1. Cara mengatur spasi antarbaris di Word
Spasi antarbaris adalah ruang di antara setiap baris dalam paragraf. Microsoft Word memungkinkan pengguna untuk mengatur jarak ketinggian baris sesuai yang diinginkan.
Berikut cara mengatur spasi antarbaris di Microsoft Word dengan mudah.
Buka dokumen Microsoft Word
Blok teks yang ingin diatur format spasi antarbaris
Kemudian, pada tab Home di menu ‘Paragraph’ klik opsi ‘Line Spacing’
Pada menu drop-down, pilih jarak spasi yang ingin diterapkan, mulai dari yang paling rapat 1,0-pt hingga yang paling lebar 3,0-pt.
Kamu juga bisa mengatur spasi di Word dengan memanfaatkan shortcut.
Caranya, blok teks, lalu tekan tombol kombinasi Ctrl + 2 untuk spasi ganda, Ctrl + 5 untuk spasi 1,5-pt, dan Ctrl + 1 untuk spasi tunggal.
Selain itu, kamu juga bisa mengubah spasi antarbaris yang lebih presisi dengan mengaturnya dari menu Line Spacing Options. Simak langkah berikut:
Blok teks yang ingin diatur format spasi antarbaris
Klik panah kecil yang ada di pojok kanan bawah menu ‘Paragraph’
Kemudian akan muncul kotak dialog ‘Indents and Spacing’, lalu cari ‘Spacing’ dan atur format jarak sesuai yang diinginkan.
Jika sudah, klik ‘OK’.
2. Cara mengatur spasi antarparagraf di Word
Spasi antarparagraf merupakan jarak atau ruang antara sebelum dan sesudah paragraf.
Pengaturan spasi antarparagraf ini berguna untuk memisahkan paragraf, judul, dan subheading. Dengan begitu, teks di setiap paragraf menjadi lebih enak dibaca.
Berikut caranya:
Blok paragraf yang ingin diatur format spasinya
Pada tab Home, klik opsi ‘Line and Paragraph Spacing’
Pada menu drop-down, pilih ‘Add Space Before Paragraph’ untuk menambah jarak spasi atau ‘Remove Space After Paragraph’ untuk menghapus jarak spasi antarparagraf
Jarak paragraf akan berubah dalam dokumen.
3. Cara mengatur spasi antarhuruf di Word
Untuk mengatur jarak atau spasi antarhuruf, kamu bisa melakukan langkah berikut.
Blok teks yang ingin diatur spasi antarhurufnya
Pada tab Home, klik tanda panah kecil bawah di opsi ‘Font’
Pada kotak dialog, pilih ‘Character Spacing’
Kemudian pada opsi ‘Spacing’, pilih jarak antarhuruf yang diinginkan, yakni normal, renggang (expanded), atau rapat (condensed)
Jika sudah, klik ‘OK’.
Demikian cara mengatur spasi di Microsoft Word dengan mudah. Semoga membantu.
Sumber : CNN [dot] COM