Elon Musk Otak-atik Twitter Lagi, Kali ini Apa?

0
255

CEO Tesla, Elon Musk pemilik media sosial Twitter belum lama ini mengatakan akan memulai skema pembayaran iklan baru pada platform burung biru.

Twitter akan segera mulai membayar pembuat konten terverifikasinya untuk iklan dalam balasan mereka, dengan blok pembayaran pertama mencapai sekitar Rp 74 Miliar (US$ 5 juta, dengan asumsi kurs Rp 14.888/US$).

Hal itu dikatakan oleh pemilik perusahaan, Elon Musk pada hari Jumat (9/6/2023), sebagaimana dilansir dari Reuters, Minggu (11/6/2023).

“Perhatikan, pembuatnya harus diverifikasi dan hanya iklan yang ditayangkan untuk pengguna terverifikasi yang dihitung,” kata Musk dalam sebuah tweet.

Sejak Tesla (TSLA.O) CEO Musk mengakuisisi Twitter, platform tersebut telah berjuang untuk mempertahankan pengiklan, yang telah mewaspadai penempatan iklan mereka setelah perusahaan memberhentikan ribuan karyawan.

Langkah tersebut dilakukan saat CEO baru Twitter, Linda Yaccarino, seorang veteran periklanan dari NBC Universal akan memimpin platform media sosial tersebut.

Pada bulan Maret, Musk mengatakan bahwa layanan perpesanan menghasilkan sekitar 5 atau 6 sen per jam perhatian dari pengguna dan dapat meningkatkannya menjadi 15 sen atau lebih dengan iklan yang lebih relevan dan tepat waktu.

Sebelumnya Twitter mulai meluncurkan layanan berlangganan untuk centang biru sejak 12 Desember 2022. Pengguna akan diminta berlangganan agar akunnya bisa terverifikasi dengan harga US$8 atau US$11 per bulan.

Dalam penjelasan Twitter, langganan tersebut masuk dalam Twitter Blue. Pengguna yang berlangganan layanan tersebut bisa mendapatkan akses ke fitur khusus platform termasuk mendapatkan centang biru.

Di Indonesia, Twitter mematok harga berlangganan centang biru mulai Rp 120.000 hingga Rp 1.250.000.

Sebagai informasi centang biru, sebelumnya adalah fitur yang  hanya bisa didapat oleh akun orang terkenal dan autentik yang telah diverifikasi secara independen oleh Twitter berdasarkan persyaratan tertentu.

Namun centang biru ini sekarang bisa didapatkan hanya dengan mengaktifkan langganan Twitter Blue. Selain itu terdapat fitur edit twit, upload video durasi lama dan HD, hingga iklan yang lebih sedikit. Twitter juga menawarkan gambar profil NFT bagi yang berlangganan Twitter Blue.