Area Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek) disebut dominan jadi sumber serbuan siber. Simak rincian daftarnya berikut.ak.

Dalam Laporan Ancaman Digital di Indonesia Semester Pertama 2023 dari lembaga AwanPintar.id, alamat protokol internet (IP Adress) Indonesia jadi ranking 11 terbanyak yang digunakan oleh pelaku serangan siber terhadap RI. Tiga teratas adalah Brasil, AS, dan Iran.

“AwanPintar.id mencatat Indonesia masuk dalam peringkat 11 dari negara penyerang ini berarti alamat IP Indonesia digunakan secara aktif untuk melakukan serangan ke sesama server di Indonesia,” tulis AwanPintar.id dalam Laporan Ancaman Digital di Indonesia Semester Pertama 2023 yang dirilis Senin (17/7).

Lalu dari mana saja serangan yang berasal dari dalam negeri itu? Dalam laporan tersebut, AwanPintar mengungkap lima wilayah yang menjadi sumber serangan terbanyak.

Ibu kota Jakarta menjadi basis serangan terbanyak dengan 11,2 juta serangan selama paruh pertama 2023.

Peringkat kedua diduduki Depok dengan 2,4 juta serangan. Sementara itu, wilayah Tangerang berada di posisi ketiga dengan total 1,2 juta serangan.

Kota penunjang seperti Bogor dan Bekasi juga berada di daftar sumber serangan siber tanah air, masing-masing dengan 911 ribu serangan dan 843 ribu serangan.

Uniknya, AwanPintar.id mencatat secara spesifik satu kelurahan di Bekasi, yakni Jatikramat, yang masuk peringkat lima sumber serangan siber dengan 843.193 kali.

“Kelima daerah tersebut berdasarkan agregasi data yang diperoleh AwarPintar.id selama enam bulan pertama di tahun 2023 sebagai daerah paling sering melakukan serangan domestik, meski sebagian dari serangan tersebut pemicunya bisa saja berasal dari negara luar,” tulis laporan tersebut.

AwanPintar.id sendiri mengumpulkan data tersebut berdasarkan sensor-sensor yang mereka sebar di seluruh Indonesia. Sensor-sensor ini tak hanya mengenali asal serangan, tetapi juga jenis serangan yang dilakukan.

Beberapa jenis serangan siber yang banyak terjadi di Indonesia adalah detection of a network scan, generic protocol command decode, serta attempted information leak.

Sebelumnya, Indeks Masyarakat Digital dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengungkap Jabodetabek masuk sebagai daerah dengan infrastruktur dan ekosistem digital terbaik secara nasional pada 2022.