Battery Iphone 14 Sudah Bocor Padahal Belum Setahun Beli

0
191

Belum setahun sejak diluncurkan, sejumlah pengguna seri iPhone 14 mengeluh soal kemampuan batera ponsel tersebut. Mereka mengatakan baterai smartphonenya cepat habis.

Apple resmi meluncurkan seri iPhone 14 pada bulan September 2022 lalu secara global. Artinya masih kurang dari setahun HP tersebut digunakan, namun sejumlah pengguna mengeluhkan baterai yang bermasalah.

Laporan soal masalah baterai ini diungkapkan oleh CreativeBloq. Sejumlah pengguna dalam media sosial mengatakan kesehatan baterai (battery health) iPhone 14 miliknya menurun drastis dibandingkan model sebelumnya.

Dua orang pengguna menjelaskan kesehatan baterai iPhone 14 Pro menurun 10% atau menjadi level 90% hanya dalam kurang dari setahun. Cerita yang sama juga diungkapkan banyak pengguna lainnya, dikutip dari Gizmochina.

Gizmochina menuliskan tidak diketahui alasan fenomena tersebut terjadi. Namun ada berbagai faktor yang melatarbelakangi masalah baterai yang cepat terkuras habis.

Misalnya penggunaan individu yang disebut menggunakan HPnya jauh lebih aktif dan akhirnya mengisi baterai lebih sering. Cuaca yang lebih panas pada pertengahan tahun ini juga bisa jadi alasan baterai HP lebih boros dari biasanya.

Namun Gizmochina menyatakan tidak semua pengguna iPhone melaporkan hal yang sama. Mereka mengatakan baterai HP masih bertahan jauh lebih baik dari model pendahulunya.

Laporan soal baterai yang bermasalah ini sebenarnya bukan kali pertama ditunjukkan pada Apple. Sebelumnya sejumlah pengguna iPhone 14 Pro dan iPhone 13 melaporkan masalah pembengkakan baterai yang sangat parah pada bulan Mei lalu.

Sejauh ini Apple belum mengomentari masalah baterai tersebut. Saat ini perusahaan nampaknya tengah sibuk mempersiapkan peluncuran iPhone 15 di bulan depan.