Google Paksa Karyawan Ngantor, Sediakan Kamar Tapi Tak Gratis

0
153

Google meluncurkan strategi lain untuk meyakinkan Googler (sebutan untuk pekerja di Google) agar kembali bekerja ke kantor, khususnya yang bekerja kantor pusat di Mountain View.

Perusahaan menawarkan Googler menginap di hotel seharga US$99 (sekitar Rp 1,5 juta) di mana mereka dapat mudah kembali bekerja keesokan harinya.

Sejak tahun lalu, Google memulai minggu bekerja hibrida sebanyak tiga hari, tetapi karyawan tidak kembali ke kantor dalam jumlah yang diinginkan perusahaan.

Google memberi tahu staf pada bulan Juni tidak ada pengganti untuk bekerja langsung dari kantor dan mengancam akan membuat aturan lebih ketat.

Ini melibatkan pelacakan ID staf secara berkala untuk absen dan menggunakan hari di kantor sebagai pertimbangkan kinerja. Jika ada yang menolak, mereka akan dipanggil HRD.

Sekarang, menurut laporan CNBC Internasional, perusahaan telah meluncurkan “Spesial Musim Panas” hingga akhir September yang bersaing dengan pelaku bisnis perhotelan lokal lainnya.

“Inisiatif ini dirancang untuk mempermudah Google untuk bertransisi ke tempat kerja hybrid,” kata Google dalam pemberitahuan iklan kepada staf.

“Bayangkan saja tidak ada perjalanan ke kantor di pagi hari dan sebagai gantinya, Anda bisa tidur lebih lama dan mengurangi gesekan,” tambahnya.

“Selanjutnya, kamu bisa keluar dari kamarmu dan cepat-cepat mengambil sarapan yang lezat atau berolahraga sebelum mulai bekerja.”

“Di penghujung hari, Anda dapat menikmati malam yang tenang di atas dek atap atau mengikuti salah satu aktivitas lokal yang menyenangkan.”

Namun ternyata tidak semua Googler terkesan dengan tawaran itu. Seorang staf menunjukkan di forum internal: “Sekarang saya dapat mengembalikan sebagian gaji saya ke Google,” dan satu lagi menyindir “keseimbangan kehidupan kerja”.