Make a good “Manager”

0
1264

Menjadi manajer yang baik bukan hanya tentang mengetahui seluk beluk bisnis tertentu, atau berada di industri yang sama selama beberapa tahun. Ada beberapa keterampilan bawaan yang memisahkan manajer baik dari mereka yang hanya biasa-biasa saja.

Jika Anda bersaing untuk mendapatkan posisi manajer, atau ingin melakukan peran pengawasan Anda dengan lebih baik, inilah beberapa keterampilan untuk mengasah.

1. Kejujuran

Sulit bagi karyawan untuk menghormati bos yang tidak mereka percayai. Itulah mengapa membayar untuk menjadi setransparan mungkin dengan orang-orang yang melapor kepada Anda. Ini berarti memberi umpan balik langsung dan mengatasi kekhawatiran karyawan langsung tanpa harus berkutat di sekitar semak.
Katakanlah seorang karyawan datang kepada Anda bertanya-tanya mengapa dia tidak mendapatkan kenaikan gaji seperti yang diharapkan. Jika Anda memberi dia garis tentang pemotongan anggaran padahal sebenarnya pekerja lain telah mendapatkan kenaikan gaji, Anda akan menjadi penipu.
Di sisi lain, jika Anda menawarkan alasan yang sah dan jujur di balik keputusan tersebut, pegawai itu mungkin masih sedikit jengkel, tapi setidaknya dia akan menghormati Anda karena jujur. Anda juga akan memberinya kesempatan untuk memperbaiki diri, yang akan menguntungkan dia dan seluruh tim.

2. Diplomasi

Bentrokan di tempat kerja sering tak terelakkan. Entah itu dua anggota tim Anda yang membungkam kepala tentang bagaimana menangani sebuah proyek atau manajer lain yang melanggar wilayah Anda, menghindari konflik di tempat kerja lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Tapi bagaimana Anda menangani skenario yang akan membedakan Anda sebagai manajer yang kuat. Jika Anda menangani pihak-pihak yang terlibat dengan rasa hormat dan membantu mereka mencapai kompromi, Anda lebih mungkin untuk maju dalam jangka panjang daripada jika Anda mendorong agenda Anda sendiri. Demikian pula, jika Anda menghadapi konflik antara dua laporan langsung, sebaiknya Anda melakukan mediasi tanpa bersikap aktif sehingga Anda tidak marah salah satu pihak. Tidak selalu mudah untuk bersikap diplomatis dalam situasi tegang, tapi semakin berkepala dan hormat Anda turun, semakin baik Anda menjaga hubungan Anda dengan orang-orang di sekitar Anda.

3. Time Management

Mengingat bahwa hanya ada begitu banyak jam di hari kerja, wajar jika tugas atau kewajiban tertentu jatuh di pinggir jalan. Hal ini terutama berlaku bagi para manajer, siapa yang paling mungkin tersedot dalam pertemuan penghitungan produktivitas. Seorang manajer yang baik, bagaimanapun, akan tahu bagaimana memaksimalkan waktunya sehingga hal-hal yang harus diprioritaskan pada akhirnya dapat dilakukan sesuai jadwal. Sepanjang garis ini, manajer yang kuat adalah mereka yang tahu bagaimana untuk tetap fokus dan terorganisir, bahkan ketika menemukan apa yang tampak seperti belasan arah yang berbeda. Ini membutuhkan kemampuan untuk mengatakan “tidak” terhadap tugas yang akan mengalihkan perhatian Anda dari tujuan yang lebih penting. Anda mungkin mengambil isyarat dari Warren Buffett, salah satu pemimpin korporat terbesar di zaman kita, dan meletakkan semua tugas dengan prioritas lebih rendah pada daftar “hindari biaya sama sekali”.

4. Delegasi

Jika Anda seorang manajer, ada alasan mengapa Anda memiliki beberapa karyawan yang melapor kepada Anda. Mendapatkan pekerjaan yang dilakukan seringkali merupakan usaha tim, tapi jika Anda adalah tipe orang yang perlu memiliki tangan dalam setiap tugas yang diselesaikan atau keputusan yang akan dibuat, Anda akan kehilangan gambaran besar – dan mengganggu laporan Anda. Dengan micromanaging Anda Seorang manajer yang baik tahu kapan harus mendelegasikan dan kapan harus masuk secara langsung.
Ingat, mendelegasikan tanggung jawab kepada orang lain tidak membuat Anda malas; Itu membuatmu efisien Selama Anda tahu kapan Anda harus menyerahkan kendali, lakukan hal itu dapat membebaskan waktu dalam jadwal Anda untuk mendapatkan tanggung jawab yang lebih penting – yaitu, hal-hal yang mungkin tidak dapat dilakukan oleh studi dikuliah anda.

5. Kerjasama Tim

Tidak ada yang membuat karyawan tetap seperti bekerja sama menuju tujuan bersama. Satu hal terakhir yang membedakan manajer terbaik dari pemimpin yang lebih rendah adalah kemampuan untuk membuat tim termotivasi – tidak hanya untuk melakukan pekerjaan sebaik mungkin, tapi juga saling memiliki punggung masing-masing.
Tentu saja, menciptakan lingkungan semacam ini sering kali bermuara pada mempekerjakan kelompok orang yang tepat, tapi bahkan setelah Anda mengembangkan tim yang kuat, pekerjaan Anda tidak berhenti sampai di situ. Pembentukan tim perlu menjadi proses yang terus berkembang dan terus berlanjut, dan jika Anda ahli dalam hal ini, Anda cenderung mempertahankan karyawan yang kuat dan memberikan hasil yang lebih baik secara keseluruhan.

Tidak semua orang terlahir sebagai pemimpin. Menjadi manajer yang kuat sering membutuhkan waktu, terutama jika beberapa keterampilan ini tidak datang secara alami. Tapi sekarang Anda tahu apa yang diperlukan untuk menjadi manajer yang efektif, Anda dapat berfokus pada bidang perbaikan tertentu dan melangkah maju dari sana.