Pengadilan Tinggi Berpihak Pada Google Dalam Pertarungan Hak Cipta Dengan Oracle

0
489

Mahkamah Agung memihak pada hari Senin dengan Google dalam sengketa hak cipta senilai $ 8 miliar dengan Oracle atas pembuatan sistem operasi Android oleh perusahaan internet yang digunakan pada sebagian besar telepon pintar di seluruh dunia.

Untuk membuat Android yang dirilis tahun 2007, Google menulis jutaan baris kode komputer baru. Tetapi itu juga menggunakan 11.330 baris kode dan organisasi yang merupakan bagian dari platform Java Oracle.

Google berpendapat bahwa apa yang dilakukannya adalah praktik yang sudah lama diselesaikan dan umum di industri, praktik yang baik untuk kemajuan teknis. Dan dikatakan tidak ada perlindungan hak cipta untuk kode komputer yang murni berfungsi dan tidak kreatif yang digunakannya, sesuatu yang tidak dapat ditulis dengan cara lain. Tapi Oracle mengatakan Google “melakukan tindakan plagiarisme yang mengerikan,” dan menggugatnya.

Para hakim memutuskan 6-2 untuk Google Inc., yang berbasis di Mountain View, California. Dua hakim konservatif berbeda pendapat.

Hakim Stephen Breyer menulis bahwa dalam meninjau keputusan pengadilan yang lebih rendah, para hakim berasumsi “demi argumen, bahwa materi tersebut dapat dilindungi hak cipta.”

“Tapi kami berpendapat bahwa penyalinan di sini yang dipermasalahkan tetap merupakan penggunaan yang wajar. Oleh karena itu, penyalinan Google tidak melanggar undang-undang hak cipta,” tulisnya.

Hakim Clarence Thomas menulis dalam perbedaan pendapat yang diikuti oleh Hakim Samuel Alito bahwa dia percaya “Kode Oracle yang dipermasalahkan di sini memiliki hak cipta, dan penggunaan kode berhak cipta oleh Google sama sekali tidak adil.”

Hanya delapan hakim yang mendengar kasus tersebut karena kasus tersebut diperdebatkan pada bulan Oktober, setelah kematian Hakim Ruth Bader Ginsburg tetapi sebelum Hakim Amy Coney Barrett bergabung dengan pengadilan.

Kasus ini telah berlangsung selama satu dekade.

Microsoft, IBM, dan grup lobi utama industri teknologi dan internet telah mendukung Google. The Motion Picture Association dan Recording Industry Association of America termasuk di antara yang mendukung Oracle.