Jika Anda membeli laptop baru pada akhir tahun 2017 ini dan merencanakan untuk menginstal Ubuntu 17.10, saya sarankan jangan.

diulang lagi: jangan menginstal Ubuntu.

Menurut laporan bug yang diajukan di Launchpad, pelacak bug Ubuntu resmi, dengan menginstal Ubuntu 17.10 secara tidak sengaja dapat merusak BIOS di laptop Lenovo, termasuk pada keluaran Lenovo Yoga.

Berita buruk.

Mereka yang terkena dampak ini, mengatakan bahwa setelah menginstal Ubuntu 17.10 di laptop mereka, BIOS pada perangkat mereka tidak lagi dapat menyimpan pengaturan (seperti mengubah urutan dan perangkat booting, yang sering diperlukan saat dual-booting); Pengaturan ulang setelah reboot; ada yang tidak lagi bisa keluar dari BIOS; yang lainnya tidak bisa boot dari USB.

BIOS firmware datang bawaan pada motherboard. BIOS adalah perangkat lunak yang membuat sistem Anda dari mode “off” menjadi boot manager (seperti GRUB) dari mana sistem operasi kemudian dapat dimuat.

Perangkat lunak BIOS dapat diinstall ulang dan ditingkatkan versinya namun ini umumnya bukan sesuatu yang kebanyakan pengguna akan terbiasa melakukannya (dan ini merupakan sesuatu yang harus dilakukan dengan kehati-hatian).

Jelas ini membuat pengguna kecewa.

“Ini tidak bisa diterima, sekarang saya Lenovo G50-80 rusak,” kata salah satu dari mereka yang terkena dampak.

“Saya ingin komputer saya berfungsi seperti pada saat saya membelinya, dalam hal pengaturan bios dan booting dari USB adalah fitur penting” tulis yang lain.

Cara memperbaikinya sedang dicari

Syukurlah Ubuntu sangat menyadari masalah ini. Anthony Wong dari Canonical mengatakan bahwa perusahaan ini akan “memperlakukan masalah ini dengan sangat serius” dan bekerja sama dengan Lenovo untuk menemukan penyebab pastinya.

Ubuntu 17.10 baru juga dipersiapkan yang berisi kernel terbaru yang seharusnya, jari-jari disilangkan, mencegah agar tidak terjadi pada pemasangan baru (jadi jika Anda menyimpan ISO Artful di awal tahun, pastikan Anda mendapatkan yang update yang paling baru )

Sayangnya kernel versi terbaru dan Ubuntu yang diperbarui tidak akan memperbaiki laptop Lenovo yang sudah terkena dampak.

Lenovo, telah memberi tahu salah satu pengguna Ubuntu yang mengetahui bahwa mereka tidak mengetahui masalah ini dan bahwa tidak ada laporan yang dibuat untuk mereka. Saran mereka saat ini (yang pergi ke siapa saja yang terkena dampak masalah korupsi BIOS, saya kira) adalah … mengganti motherboard

Ubuntu saat ini merekomendasikan melakukan pemulihan BIOS meskipun ada beberapa cara lain (jika mungkin), sementara satu pengguna telah berbagi solusi (sejenis) yang melibatkan rEFInd ke halaman dukungan pengguna Lenovo.

Sebagai tindakan pencegahan sepertinya Ubuntu berencana untuk menonaktifkan download Ubuntu 17.10 sampai bisa mendapatkan update terbaru, dengan kernel baru yang bebas masalah, di situ di situsnya.

Sementara itu, hal terbaik bagi semua pengguna Lenovo yang mencintai Linux adalah menunggu. Untuk detail lebih lanjut, dan membaca beberapa umpan balik silahkan periksa laporan bug.

https://bugs.launchpad.net/ubuntu/+source/linux/+bug/1734147