10 Makanan untuk Membersihkan Hati Secara Alami Tanpa Obat

0
305

Hati merupakan salah satu orang paling penting di dalam tubuh yang harus dijaga lewat makanan. Ada beberapa makanan membersihkan hati.

Hati bertanggung jawab untuk mengelola semua lemak, protein, dan karbohidrat yang telah dikonsumsi.

Hati juga mengontrol produksi banyak lemak dan protein lain yang penting untuk fungsi tubuh. Terdapat banyak makanan untuk membersihkan hati.

Dengan kata lain, kesehatan hati sangat menentukan kesehatan seseorang secara keseluruhan. Jika ingin membersihkan dan mendetoksifikasi tubuh, hati adalah hal yang baik untuk memulai.

Hati membutuhkan sejumlah besar mikronutrien seperti vitamin, mineral dan antioksidan untuk dapat berproses secara maksimal.

Banyak dari mikronutrien tersebut dapat ditemukan dalam banyak makanan sehat. Berikut daftar makanan untuk membersihkan hati secara alami.

1. Kopi

Studi menunjukkan bahwa komponen kimia dalam kafein dan kopi, terutama paraxanthine, kahweol, dan cafestol, dapat membantu tubuh melawan penyakit seperti kanker hati, sirosis terkait alkohol, penyakit hati berlemak, dan hepatitis C, dikutipThe Thirty.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Hepatology bahkan menyebut kopi sebagai “kacang ajaib untuk penyakit hati”.

2. Teh

Demikian pula, teh berkafein dapat membantu mencegah penyakit terkait hati. Sebuah penelitian yang berbasis di Jepang menemukan bahwa minum 5-10 cangkir teh hijau sehari dikaitkan dengan peningkatan penanda darah kesehatan hati.

Hal ini mungkin karena senyawa yang diketahui membantu fungsi hati bernama catechin. Teh hijau dikemas penuh dengan antioksidan tanaman ini. Hanya berhati-hati terhadap ekstrak teh hijau karena dapat memiliki efek negatif.

3. Sayuran cruciferous

Sayuran ini termasuk brokoli, kembang kol, kubis brussel, kubis dan kangkung. Sayuran ini merupakan sumber utama glutathione, yang memicu enzim pembersih racun hati.

Makan sayuran cruciferous akan meningkatkan produksi glukosinolat dalam sistem tubuh, yang membantu membuang karsinogen dan racun lainnya.

4. Kunyit

Selain digunakan sebagai bumbu dan pigmen, kunyit telah digunakan di India untuk tujuan pengobatan selama berabad-abad. Curcumin adalah bahan aktif dalam kunyit yang memiliki sifat biologis yang kuat.

Rempah-rempah ini membantu enzim yang mengeluarkan racun dan mengandung antioksidan yang memperbaiki sel-sel hati. Ini juga membantu hati dalam mendetoksifikasi logam, sekaligus meningkatkan produksi empedu.

5. Jeruk

Selain memberikan banyak vitamin C, buah jeruk merangsang hati dan membantu mensintesis bahan beracun menjadi zat yang dapat diserap oleh air.

Jeruk bali sangat bermanfaat karena mengandung dua antioksidan utama, yakni naringin dan naringenin. Kedua kandungan ini dapat membantu melindungi hati dari cedera dengan mengurangi peradangan dan melindungi sel-sel hati.

6. Akar bit

Bit juga mengandung vitamin C dan dosis serat yang sehat yang keduanya merupakan pembersih alami untuk sistem pencernaan.

Bit juga membantu meningkatkan oksigen dengan membersihkan darah yang dapat memecah limbah beracun untuk membantu mereka dikeluarkan lebih cepat. Bit merangsang aliran empedu dan meningkatkan aktivitas enzimatik.

7. Bawang putih

Bawang putih kaya akan belerang yang mengaktifkan enzim hati yang membantu tubuh mengeluarkan racun. Bawang putih juga mengandung selenium dalam jumlah tinggi.

Selenium adalah mikronutrien penting yang telah terbukti membantu meningkatkan kadar enzim antioksidan alami di hati kita. Melengkapi dengan selenium memberi hati kita lebih banyak amunisi dalam memerangi kerusakan yang disebabkan oleh stres oksidatif.

8. Kacang kenari

Kacang kenari adalah sumber glutathione, asam lemak omega-3, dan asam amino arginin yang baik, yang mendukung tindakan pembersihan hati yang normal, terutama saat mendetoksifikasi amonia.

9. Minyak zaitun

Meskipun merupakan lemak, minyak zaitun dianggap sebagai lemak yang sehat. Minyak organik yang diperas dingin seperti zaitun, rami, dan biji rami menawarkan dukungan besar untuk hati dan menyediakan tubuh dengan basis cair yang dapat menyedot racun berbahaya dalam tubuh.

Minyak zaitun juga telah terbukti menurunkan kadar lemak di hati.

10. Anggur

Anggur juga merupakan salah satu makanan untuk membersihkan hati. Anggur adalah buah yang berharga dalam memerangi penyakit yang berhubungan dengan hati, sebagian berkat senyawa tanaman resveratrol yang kuat.

Polifenol ini dapat mengurangi peradangan hati, yang dapat mengurangi kerusakan dan meningkatkan kadar antioksidan.

Sumber : CNN [dot] COM