7 Makanan yang Bisa Membuat Anda Overdosis

0
249
overdosis food

Intro

Ada kalanya, seperti pesta Super Bowl atau hari raya, ketika orang bercanda mengeluh bahwa mereka memiliki “overdosis” pada makanan. Sementara makanan tambahan dari kalkun atau saus taco mungkin, paling buruk, memberi Anda kasus gangguan pencernaan yang buruk, ada makanan di luar sana yang dapat benar-benar membahayakan Anda jika Anda terlalu banyak makan.

Inilah tujuh makanan yang membuktikan bahwa Anda benar-benar dapat memiliki terlalu banyak hal yang baik.

Wortel

Wortel penuh dengan vitamin, mineral dan serat yang baik untuk kesehatan Anda. Tapi makan terlalu banyak wortel bisa membawa terlalu banyak beta karoten yang molekulnya bertanggung jawab untuk hambar oranye terang dan prekursor vitamin A. Hal ini dapat menyebabkan kelebihan karoten darah yang bisa menghitamkan kulit.

Dikenal sebagai karotenemia, kondisinya terjadi karena karoten adalah molekul yang larut dalam lemak. Jumlah yang berlebihan itu cenderung menumpuk di lapisan terluar kulit, menghasilkan kulit berpigmen kuning atau oranye, terutama di telapak tangan, telapak kaki, lutut dan daerah hidung.

Meski karotenemia banyak terjadi pada bayi saat diberi makan makanan wortel yang banyak bubur, hal itu juga bisa terjadi pada orang dewasa. Dalam sebuah laporan kasus yang diterbitkan dalam The Journal of Dermatology pada tahun 2006, kulit wanita berusia 66 tahun berubah menjadi kuning oranye setelah dia mengkonsumsi terlalu banyak suplemen oral karoten. Satu cangkir wortel cincang mentah memiliki sekitar 15 mg karoten, menurut Database Nutrisi Pertanian Departemen Pertanian AS, jadi Anda perlu makan setengah cangkir wortel cincang setiap hari selama berbulan-bulan, agar bisa berubah menjadi warna kuningnya. .

Meskipun penampilan luar dramatis seperti itu, karotenemia adalah kondisi yang sebagian besar tidak berbahaya dan seringkali reversibel.

tuna-sushi

Tuna sushi

Pecinta Sushi Waspadalah: makan tuna mentah terlalu banyak dapat meningkatkan asupan merkuri. Ikan besar di atas rantai makanan, seperti tuna sirip biru yang berharga, dapat mengumpulkan metil merkuri di otot mereka karena mereka mengkonsumsi banyak ikan kecil sepanjang hidup mereka.

Sulit untuk menentukan kadar merkuri dalam bentuk sushi, karena bisa bervariasi tergantung ukuran dan jenis ikannya. Hal ini membuat sulit untuk menetapkan batasan pasti pada konsumsi sushi.

Namun, sushi tuna dari restoran cenderung memiliki kadar merkuri yang lebih tinggi daripada sushi tuna supermarket, menurut penelitian yang diterbitkan di jurnal Biology Letters pada tahun 2010. Beberapa sampel tuna bigeye atau tuna sirip biru, yang lebih sering terjadi di restoran, memiliki kadar merkuri yang terlampaui. Atau mendekati tingkat yang diizinkan oleh badan pengawas di AS, Kanada, negara lain dan Organisasi Kesehatan Dunia, demikian hasil penelitian tersebut.

Karena merkuri dapat menyebabkan masalah neurologis yang parah, ibu hamil dan anak kecil disarankan oleh Food and Drug Administration dan Environmental Protection Agency untuk menghindari makan ikan tuna terlalu banyak. Menurut pedoman keagenan tahun 2004, yang lain bisa makan sampai 6 ons (kurang lebih sama dengan satu porsi rata-rata) steak tuna per minggu.

Teh Kombucha

Kombucha adalah teh hitam bergula yang difermentasi oleh kultur simbiotik bakteri dan ragi yang mirip panekuk seperti kombucha. “Kombucha jamur.” Ini bisa dibeli di toko makanan kesehatan atau dibuat di rumah dengan starter “jamur”, minuman ini terkenal memiliki efek penguat kekebalan dan efek menguntungkan, namun hanya ada sedikit bukti ilmiah tentang ini yang ada dalam literatur saat ini.

Meskipun minuman ini sebagian besar bersifat jinak (biasanya rasanya sangat asam, dan mengandung alkohol dari proses fermentasi), American Cancer Society telah memperingatkan bahwa budaya starter Kombucha tertentu mungkin mengandung kontaminan seperti jamur dan jamur, beberapa di antaranya dapat menyebabkan penyakit.

Telah dilaporkan ada kasus reaksi toksik yang parah pada teh Kombucha. Dalam sebuah laporan baru-baru ini yang diterbitkan dalam Journal of Intensive Care Medicine oleh dokter di Cedars-Sinai Medical Center di Los Angeles, seorang pria berusia 22 tahun yang baru didiagnosis dengan HIV menjadi sakit dalam waktu dua belas jam setelah mengkonsumsi teh. Dia kehabisan nafas, suhunya melonjak menjadi 103,0 derajat Fahrenheit (39,4 Celsius), dan dia kemudian menjadi agresif dan agresif, membutuhkan sedasi dan intubasi untuk kontrol saluran napas.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit menunjukkan bahwa teh kombucha yang dikonsumsi dalam jumlah rata-rata sekitar 4 ons setiap hari mungkin tidak menimbulkan efek buruk pada orang sehat. Namun, mereka yang memiliki masalah kesehatan yang sudah ada sebelumnya atau mereka yang minum teh dalam jumlah banyak harus berhati-hati.

Kopi

Meskipun beberapa orang mengklaim bahwa mereka akan berhenti berfungsi dengan baik tanpa secangkir kopi pagi mereka, sebaiknya tidak minum terlalu banyak cangkir. Menurut Mayo Clinic, sebaiknya Anda tidak mengkonsumsi lebih dari 500 sampai 600 miligram kafein sehari. Secangkir kopi kopi panggang menengah biasa memiliki sekitar 200 mg kafein, espresso 1 ons memiliki sekitar 75 mg, secangkir teh hitam secukupnya 8 ons dapat mengandung 120 mg kafein.

Efek samping yang nyata dapat terjadi jika Anda mengkonsumsi lebih dari 600 sampai 900 mg kafein sehari, menurut Mayo Clinic, dan itu termasuk: insomnia, gelisah, mual, detak jantung tidak teratur, tremor otot, kecemasan dan sakit kepala. Sebenarnya, terlalu banyak kafein bisa berakibat fatal. Menurut sebuah kasus yang diterbitkan oleh dokter Swedia dalam edisi 2010 Acta Anaesthesiologica Scandinavica, seorang wanita berusia 21 tahun mengalami serangan jantung sesaat setelah mengkonsumsi sekitar 10.000 mg kafein. Meskipun dia diresusitasi oleh fibrilasi ventrikel beberapa kali, dia berhenti merespons pengobatan tiga hari kemudian.

belimbing-overdosis

 

Belimbing

Keracunan belimbing pertama kali dijelaskan pada tahun 1980 di Malaysia, di mana ternyata memiliki efek depresi pada sistem saraf pusat. Meskipun belimbing (juga dikenal sebagai carambolas) tidak begitu umum di Amerika Utara, banyak tersedia di Asia Tenggara dan Amerika Selatan sebagai buah segar, dalam salad dan jus acar.

Buah berbentuk unik ini menimbulkan risiko sangat kecil bagi orang sehat saat dimakan dalam jumlah normal. Namun, gagal ginjal akut telah dilaporkan pada orang dengan riwayat penyakit ginjal. Dalam sebuah laporan kasus tahun 2006 yang diterbitkan dalam Journal of Nephrology, seorang pasien dengan penyakit ginjal kronis yang mendasarinya mengembangkan reaksi buruk setelah memakan buah belimbing, yang menyebabkan kemunduran fungsi ginjal dan cedera ginjal permanen yang cepat. Dalam kasus serupa yang dilaporkan di Hong Kong Medical Journal pada tahun 2009, seorang wanita berusia 76 tahun dengan penyakit ginjal kronis dirawat di rumah sakit dalam keadaan mengantuk mental dan mempercepat denyut jantung setelah makan dua buah bintang.

Gejala umum untuk keracunan buah-buahan termasuk cegukan (gejala yang paling umum, terutama pada intoksikasi ringan), muntah, kelemahan, insomnia, kesadaran yang berubah, kejang dan hipotensi. Orang dengan riwayat penyakit ginjal harus menghindari jus buah asam murni (minuman populer di Taiwan) dan jus acar encer ringan dalam jumlah besar, terutama saat perut kosong.

Air

Pedoman konvensional untuk meminum delapan gelas air sehari telah terbukti menjadi mitos. Tapi ada yang namanya minum terlalu banyak air. Intoksikasi air terjadi ketika seseorang minum begitu banyak sehingga air mengencerkan konsentrasi natrium dalam darah, menciptakan ketidakseimbangan elektrolit.

Intoksikasi air, yang dikenal sebagai hiponatremia, sebagian besar merupakan risiko atlet ketahanan. Sebuah artikel tahun 2005 di New England Journal of Medicine menemukan bahwa 13 persen dari 488 pelari di Marathon Boston 2002 mengembangkan hiponatremia karena terlalu banyak minum air. Menurut para peneliti, strategi yang relatif sederhana untuk mengurangi risiko itu adalah agar pelari menimbang diri sebelum dan sesudah latihan berjalan, untuk mengukur asupan cairan secara keseluruhan dan memastikan mereka tidak minum terlalu banyak air saat berolahraga.

Kasus keracunan air yang tidak biasa dan fatal terjadi pada tahun 2007 ketika seorang wanita California dilaporkan minum terlalu banyak air selama kontes stasiun radio “Hold Your Wee for a Wii”.

overdosis pala

Pala

Bahaya ringan pala pada eggnog Anda praktis tidak memiliki efek selain membuat minuman Anda lebih lezat. Namun, masalah ditendang saat rempah-rempah dikonsumsi dalam jumlah berlebihan sebagai obat halusinogen murah.

Efek samping yang tidak menyenangkan biasanya muncul tiga sampai delapan jam setelah konsumsi, dan bisa mencakup kecemasan, ketakutan, dan perasaan malapetaka yang akan datang. Menurut sebuah laporan kasus yang diterbitkan dalam Emergency Medicine Journal pada tahun 2005, beberapa orang mungkin juga mengalami episode psikotik akut, keterpisahan dari kenyataan dan halusinasi visual.

Pala, bahkan dalam dosis setinggi 20 sampai 80 gram bubuk, jarang mematikan. Hanya ada dua laporan overdosis pala fatal dalam literatur medis. Yang pertama dilaporkan pada tahun 1908 dan melibatkan sekitar 14 gram yang tertelan oleh anak berusia 8 tahun. Kasus kedua melibatkan seorang anak berusia 55 tahun dan dilaporkan dalam jurnal Forensic Science International pada tahun 2001. Tes toksikologi menemukan jejak myristicin (senyawa yang ditemukan di minyak pala pala) dan flunitrazepam (obat penenang yang sangat kuat) dalam darahnya. Kematiannya kemungkinan disebabkan oleh efek toksik gabungan kedua zat tersebut, kata laporan tersebut.