Telegram Sepakati Daftar Dengan Rusia untuk Hindari Larangan, Tapi Tidak Akan Membagikan Data Pengguna

0
163
Setelah diancam dengan larangan di Rusia , aplikasi perpesanan Telegram terenkripsi yang dienkripsi akhir akhirnya menyetujui untuk mendaftar dengan Undang-Undang Perlindungan Data Rusia yang baru, namun pendirinya yakin bahwa perusahaan tersebut tidak akan mematuhi data rahasia pengguna dengan biaya apapun. .

Pengawas komunikasi Rusia Roskomnadzor baru-baru ini mengancam akan memblokir Telegram jika dinas tersebut tidak menyerahkan informasi yang diperlukan untuk menempatkan aplikasi tersebut pada daftar resmi distributor informasi pemerintah.

Persyaratan pemerintah Rusia datang setelah pemboman bunuh diri teroris yang menewaskan 15 orang di Saint Petersburg pada bulan April di mana teroris diduga menggunakan aplikasi Telegram untuk mengkomunikasikan dan merencanakan serangan.

“Ada satu permintaan, dan sederhana saja: mengisi formulir dengan informasi tentang perusahaan yang mengendalikan Telegram,” kata Alexander Zharov, kepala Roskomnadzor.

“Dan untuk secara resmi mengirimkannya ke Roskomnadzor untuk memasukkan data ini ke dalam daftar penyelenggara penyebarluasan informasi. Dalam kasus penolakan … Telegram harus diblokir di Rusia sampai kami menerima informasi yang dibutuhkan.”

CEO Telegram Pavel Durov menolak untuk mematuhi persyaratan negara tersebut karena dia khawatir akan melemahkan privasi lebih dari 6 juta pengguna Rusia.

Telegram: Tidak ada data rahasia pengguna yang akan dibagi

Namun, setelah mendapat tekanan dari pemerintah, Durov pada hari Rabu sepakat untuk mendaftar ke pemerintah Rusia, namun perusahaan tersebut tidak akan menyimpan informasi warga di server Rusia.

Layanan Federal Rusia untuk Pengawasan Komunikasi, Teknologi Informasi dan Media Massa (Roskomnadzor) mengumumkan pada hari Rabu bahwa Telegram akhirnya mempresentasikan semua persyaratan.

Roskomnadzor adalah badan eksekutif federal di Rusia yang bertanggung jawab untuk mengawasi media, termasuk media elektronik, komunikasi massa, teknologi informasi dan telekomunikasi; Mengatur pekerjaan dinas frekuensi radio; Dan mengawasi kepatuhan terhadap undang-undang yang melindungi kerahasiaan data pribadi penggunanya.

Durov mengumumkan keputusannya melalui VK.com , versi bahasa Rusia dari Facebook, menambahkan bahwa sementara dia senang untuk Telegram terdaftar secara resmi di Rusia, segala sesuatu yang melanggar privasi pengguna tidak akan dilayani – hanya informasi dasar tentang perusahaan yang akan dibagi.

“Kami tidak akan mematuhi undang-undang Paket Yarovaya yang tidak konstitusional dan secara teknis tidak mungkin-dan juga undang-undang lain yang tidak sesuai dengan perlindungan privasi dan kebijakan privasi Telegram,” kata Durov.

Telegram adalah aplikasi perpesanan terenkripsi end-to-end, namun tidak seperti WhatsApp, Telegram tidak menawarkan fitur perpesanan dari ujung ke ujung ke penggunanya secara default. Melainkan pengguna perlu membuka chat terenkripsi untuk berkomunikasi dengan aman.

Cara Berkomunikasi dengan Aman dengan Telegram

Jika Anda berkomunikasi dengan orang-orang di Telegram, berpikir bahwa obrolan Anda bersifat end-to-end yang dienkripsi secara default, Anda salah.

Jadi, selalu pastikan bahwa Anda berkomunikasi dengan orang-orang di Telegram menggunakan fitur chat terenkripsi. Berikut adalah cara memulai obrolan terenkripsi end-to-end di Telegram:

  • Buka aplikasi Telegram
  • Pilih kontak yang ingin Anda komunikasikan
  • Klik namanya
  • Pilih ‘Start Secret Chat’ (disorot dalam warna hijau)
  • Jendela obrolan baru yang aman akan terbuka, tempat Anda bisa berkomunikasi dengan aman.

Anda juga dapat mengaktifkan fitur keamanan lainnya yang ditawarkan oleh Telegram.

Fitur ini mencakup Verifikasi Dua Langkah yang memungkinkan Anda menyiapkan kode akses tambahan untuk akun Telegram Anda, yang juga diminta untuk masuk ke akun Anda dan Merusak Rahasia Pribadi yang memungkinkan Anda merusak pesan Anda setelah waktu yang ditentukan (antara 1 detik dan 1 minggu), tanpa meninggalkan jejak pada server Telegram.