Unta: Fakta, Jenis dan Gambar

0
842

Unta adalah mamalia dengan tungkai panjang, moncong berbintik-bintik besar dan punggung yang berdenyut. Ada dua jenis unta: unta dromedari, yang memiliki satu punuk, dan unta Baktria, yang memiliki dua gundukan. Gundukan unta terdiri dari lemak yang tersimpan, yang bisa dimetabolisme saat makanan dan air langka.

Selain gundukan mereka, unta punya cara lain untuk beradaptasi dengan lingkungannya. Mereka memiliki kelopak mata ketiga yang jelas yang melindungi mata mereka dari pasir yang bertiup. Dua deret bulu mata panjang juga melindungi mata mereka. Pasir di hidung bisa menjadi masalah, tapi tidak unta. Mereka bisa menutup lubang hidung mereka saat badai pasir.

Manusia telah menggunakan unta sebagai sarana transportasi selama ribuan tahun. Mereka bisa membawa sekitar 375 sampai 600 lbs. (170 sampai 270 kilogram) di punggung mereka, menurut National Geographic. Ini membuat binatang-binatang ini membebani julukan, “kapal-kapal gurun pasir.” Unta domestik sering menjadi sumber utama produk daging, susu dan bahkan kulit atau wol.


A camel feeds her calf.
Credit: Creative Commons Attribution-Share Alike 3.0 Unported | Garrondo

Ukuran

Kebanyakan unta menara di atas manusia. Seekor unta Bactrian, menurut San Diego Zoo, tumbuh setinggi bahu 6 kaki (1,8 meter) dan panjang tubuh 10 kaki (3 m). Mereka biasanya memiliki berat 1.320 sampai 2.200 lbs. (600 sampai 1.000 kg) saat mereka tumbuh dewasa.

Unta Dromedary naik sampai sekitar 6,5 kaki (2 m) tinggi di bahu dan menimbang 880 sampai 1.325 lbs. (400 sampai 600 kg).

Diet

Unta tidak pilih-pilih tentang apa yang mereka makan. Bibir tebal mereka memungkinkan mereka makan hal-hal yang kebanyakan binatang lainnya tidak bisa, seperti tanaman berduri. Unta adalah herbivora, jadi Anda tidak akan menemukannya makan daging.

Mengisi air, bila tersedia, sangat penting bagi unta. Mereka bisa minum 30 galon (113 liter) air hanya dalam waktu 13 menit. Tubuh mereka rehydrate lebih cepat daripada mamalia lainnya.

Bila ada sedikit makanan dan air, lemak punuk unta melepaskan air; 9,3 gram lemak melepaskan 1,13 gram air, menurut penelitian oleh University of Singapore. Unta bisa bertahan hingga enam bulan tanpa makanan atau air.

Habitat

Dua jenis unta ditemukan di berbagai belahan dunia. Unta dromedari, yang juga disebut unta Arab, dapat ditemukan di Afrika Utara dan Timur Tengah. Unta Baktria tinggal di Asia Tengah. Tidak peduli jenisnya, unta biasanya ditemukan di padang pasir, padang rumput atau padang rumput. Meskipun banyak orang berpikir bahwa unta hanya tinggal di daerah beriklim panas, suhu tersebut berkisar antara 20 derajat F (minus 29 derajat C) sampai 120 derajat F (49 derajat C).
Kebiasaan

Unta suka tinggal bersama dalam kelompok yang disebut kawanan. Kawanan itu dipimpin oleh seorang pria yang dominan, sementara banyak pria lainnya membentuk kawanan mereka sendiri yang disebut kawanan bujangan. Unta sangat sosial dan suka saling menyapa dengan bertiup di wajah masing-masing.
Keturunan

Setelah kehamilan 12 sampai 14 bulan, unta ibu akan menemukan tempat pribadi untuk memiliki anak mudanya. Unta betina biasanya hanya memiliki satu bayi, tapi kadang unta punya anak kembar.

Unta bayi disebut betis. Anak sapi yang baru lahir ini bisa berjalan dalam 30 menit, meski keduanya tidak akan bergabung kembali dengan kawanannya sampai sekitar dua minggu kemudian. Unta menjadi dewasa saat berumur 7 tahun. Unta hidup sekitar 17 tahun.
Klasifikasi / Taksonomi

Unta dromedaris (Camelus dromedarius) dan unta Bactrian domestik (Camelus bactrianus) dinamai tahun 1758 oleh ahli zoologi Swedia Carl Linnaeus, yang hanya tahu tentang varietas dalam negeri. Unta Baktria liar (Camelus ferus) ditemukan pada tahun 1878 oleh Nikolai Prejevalsky, seorang ahli geografi Rusia yang menjelajahi Mongolia dan Tibet.

Selama bertahun-tahun, Bactrian liar dianggap subspesies Bactrian dalam negeri. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, analisis DNA mengkonfirmasi bahwa C. ferus adalah spesies yang terpisah, menurut San Diego Zoo. Perbedaan utama antara kedua spesies tersebut adalah bahwa Bactrian liar memiliki tiga pasangan kromosom lebih banyak daripada Bactrian dalam negeri.

Inilah klasifikasi unta, menurut Integrated Taxonomic Information System:

Kerajaan: Animalia
Subkingdom: Bilateria
Infrakingdom: Deuterostomia
Filum: Chordata
Subfila: Vertebrata
Infraphylum: Gnathostomata
Superclass: Tetrapoda
Kelas: Mammalia
Subclass: Theria
Infraclass: Eutheria
Order: Artiodactyla
Keluarga: Camelidae
Genus: Camelus
Jenis:

Camelus bactrianus (unta Bactrian)
Camelus dromedarius (unta satu punuk)

Subspesies:

Camelus bactrianus bactrianus
Camelus bactrianus ferus (unta liar Baktria)

Camelus dromedarius at the Singapore Zoo Credit: Wikimedia Commons user Dadero

Status konservasi

Unta Bactrian liar dianggap sangat terancam oleh Persatuan Internasional untuk Konservasi Alam dan memiliki populasi yang menurun. Sebenarnya, unta liar adalah salah satu mamalia besar yang paling terancam punah. Menurut Wild Camel Protection Foundation, ada kurang dari 1.000 unta liar yang hidup.
Fakta lain

Unta bisa berlari dengan kecepatan 25 mph (40 kph) dalam waktu lama. Jika pemiliknya sedang terburu-buru, mereka bisa menendang kecepatan mereka hingga 40 mph (67 kpj).

Unta unta itu seperti wadah penyimpanan. Saat unta menggunakan lemak yang tersimpan, punuknya akan berkurang. Saat mereka makan dan minum lagi punuk itu akan diisi dengan lemak.

Unta memiliki sel darah merah berbentuk oval yang membantu melanjutkan aliran darah pada saat air jarang terjadi.

Unta dikenal meludah pada orang. Padahal, binatang tersebut membuang isi perut mereka bersamaan dengan meludah. Ini adalah taktik pertahanan saat hewan merasa terancam.

Hewan-hewan besar itu membuat berbagai rintihan, erangan dan bellow yang dalam dan dalam. Salah satu suara unta bahkan digunakan untuk menyuarakan karakter Chewbacca dalam film-film Star Wars.