Alarm Dari Penurunan Serangga Terbang

0
1471

Ini dikenal sebagai windscreen phenomenon (fenomena kaca depan mobil). Ketika Anda menghentikan mobil Anda setelah berkendara, nampak jumlah serangga yang terjepit jauh lebih sedikit daripada biasanya.

Para ilmuwan telah lama menduga bahwa serangga mengalami penurunan dramatis, namun bukti baru mengkonfirmasikan hal ini.

Penelitian di lebih dari 60 kawasan lindung di Jerman menunjukkan bahwa serangga terbang telah menurun lebih dari 75% selama hampir 30 tahun.

Dan penyebabnya tidak diketahui.

“Ini menegaskan apa yang dialami semua orang sebagai firasat – windscreen phenomenon di mana Anda menemukan lebih sedikit serangga dibandingkan dengan berpuluh-puluh tahun yang lalu,” kata Caspar Hallmann dari Radboud University di Belanda.

“Ini adalah studi pertama yang meneliti biomassa total serangga terbang dan ini mengonfirmasikan kekhawatiran kita. ”

Penelitian ini didasarkan pada pengukuran biomassa semua serangga yang terjebak di 63 daerah perlindungan alam di Jerman selama 27 tahun sejak 1989.

Data tersebut mencakup ribuan serangga yang berbeda, seperti lebah, kupu-kupu dan ngengat.

Para ilmuwan mengatakan penurunan dramatis terlihat terlepas dari habitat, penggunaan lahan dan cuaca, membuat mereka bingung untuk menjelaskan apa yang ada di baliknya.

Mereka menekankan pentingnya mengambil tindakan yang bermanfaat bagi serangga, termasuk strip bunga di sekitar lahan pertanian dan meminimalkan dampak negatif pertanian.

“Kami tidak tahu persis penyebabnya,” kata Hans de Kroon, juga Radboud University, yang mengawasi penelitian tersebut.

” Studi ini menunjukkan betapa pentingnya memiliki program pemantauan yang baik dan kami memerlukan lebih banyak penelitian sekarang untuk melihat penyebabnya – jadi, itu benar-benar prioritas tinggi. ”

Temuan ini bahkan lebih mengkhawatirkan mengingat bahwa hal itu terjadi di cagar alam, yang dimaksudkan untuk melindungi serangga dan spesies hidup lainnya, kata periset tersebut.

” Dan penurunannya sudah terdokumentasi dengan baik. Kejutan besar adalah bahwa hal itu juga terjadi di cagar alam yang berdekatan. ”

Hilangnya serangga memiliki konsekuensi luas untuk seluruh ekosistem.

Serangga menyediakan sumber makanan bagi banyak burung, amfibi, kelelawar dan reptil, sementara tanaman mengandalkan serangga untuk penyerbukan.

Penurunan ini lebih parah daripada yang ditemukan pada penelitian sebelumnya.

Survei serangga di empat lokasi di Inggris antara 1973 dan 2002 menemukan kerugian di salah satu dari empat lokasi.

Dr Lynn Dicks, dari University of East Anglia, Inggris, yang tidak terhubung dengan penelitian tersebut, mengatakan bahwa makalah tersebut memberikan bukti baru untuk “sebuah penurunan yang mengkhawatirkan” yang oleh banyak ahli entomologi dicurigai selama beberapa waktu.

“Jika total biomassa serangga terbang benar-benar menurun pada tingkat ini (sekitar 6% per tahun), ini sangat memprihatinkan,” katanya.

“Serangga terbang memiliki fungsi ekologis yang sangat penting.”

Penelitian ini dipublikasikan di jurnal Plos One.