Penyelam Inggris selamat dari kejaran hiu setelah berenang 7,5 kilometer di pesisir Australia

0
1000

Seorang penyelam asal Inggris harus berenang sepanjang 7,5 kilometer untuk menyelamatkan diri lantaran ‘dibuntuti’ oleh hiu di pesisir Australia.

John Craig, 34 tahun, sedang memancing dengan tombak di bawah laut perairan Australia Barat pada hari Jumat.

Pada saat itulah dia menyadari keberadaan hiu di dekatnya. Dia langsung menuju permukaan untuk mencari bantuan. Namun, sesampainya di permukaan, dia mendapati kapal yang dinakhodai temannya tidak ada.

“Hiu itu sangat dekat dan penasaran pada saya dan terus mendekati saya dari berbagai sudut. Dia mencoba untuk mengetahui siapa saya dan apa saya bisa berada di menu makan siangnya,” kata Craig kepada BBC.

“Pada titik ini saya pikir saya akan dimakan di sana. Hiu ini tidak mau membiarkan saya. Saya pikir ini dia, inilah bagaimana saya akan mati,” katanya.

Menurut Craig, dia diikuti oleh hiu yang ‘penasaran’ itu selama sekitar 15 menit.

“Sangat mengerikan, dimakan di sini di tempat antah berantah….”

Namun dia terus berusaha berenang kembali ke pantai sebelum mencapai daratan dan berjalan selama 30 menit.

Craig adalah seorang penyelam berpengalaman asal Sunderland, Inggris, yang pindah ke Australia dua tahun lalu. Menurutnya, hiu yang mengejarnya tampaknya hiu harimau dengan ukuran sekitar empat meter panjangnya.

Momen yang menegangkan

Craig mengatakan dia meletakkan senapan tombak di antara dirinya dan hiu saat ia berenang di sekelilingnya di Teluk Shark, sekitar 800 km utara Perth.

Dia kemudian memutuskan untuk berenang menuju Taman Nasional Francois Perron setelah melihat tebing merah “sangat rendah di cakrawala”.

Dia mengatakan bahwa dia merasa hiu itu ‘membuntuti’ ke pantai, tapi setelah beberapa saat hiu tersebut menghilang.

Craig memperkirakan dia berenang selama tiga jam sebelum mencapai daratan, di mana ia melihat adanya upaya penyelamatan udara dan laut sedang berlangsung.

Namun tidak ada yang bisa melihatnya, karenanya Craig berjalan kaki menuju tempat perkemahan sampai sebuah pesawat melihat dia sekitar 30 menit kemudian.

“Saya tidak habis pikir bahwa seseorang bisa berenang sejauh itu dalam waktu singkat,” kata Glen Ridgley, dari Shark Bay Volunteer Marine Rescue.

“Saya kira ketika ada hiu di samping Anda, dia seperti memacu Anda (untuk berenang)… Hiu itu seperti pelatih.”

Craig dipertemukan kembali dengan istrinya di atas kapal penyelamat. Dia memuji respons cepat dari otoritas pencarian dan penyelamatan daerah tersebut.

Ia menjelaskan kapalnya mengalami masalah mesin tapi temannya baik-baik saja.

Sumber : bbc.com