Tidak ada hari libur untuk ulang tahun Kim Jong-un di kalender Korea Utara

0
278

Kalender 2018 yang baru-baru ini diterbitkan di Korea Utara tidak menyebutkan hari ulang tahun Kim Jong-un, enam tahun setelah dia berkuasa.

Ulang tahun Pemimpin Tertinggi – yang diyakini masyarakat luas jatuh pada 8 Januari – ditandai sebagai hari kerja biasa di hari Senin di negara komunis itu, menurut kalender 2018 yang ditunjukkan di saluran Tokyo Broadcasting System (TBS) di Jepang.

Ulang tahun ayah Kim, Kim Jong-il, dirayakan pada tanggal 16 Februari setiap tahunnya sebagai Hari Bintang Cemerlang; sementara ulang tahun kakeknya Kim Il-sung pada tanggal 15 April ditandai sebagai Hari Matahari.

Kedua hari libur nasional itu ditetapkan saat leluhur Kim masih hidup, namun tidak diketahui mengapa Korea Utara masih belum mengkonfirmasi ulang tahun Kim Jong-un atau menandai hari itu sebagai hari libur nasional.

Korea Utara sempat menyinggung hari kelahiran Kim pada tahun 2014, saat pemain basket Dennis Rodman mengunjungi negara itu dan menyanyikan “Selamat Ulang Tahun” kepada Kim setelah sebuah pertandingan di Pyongyang.

Meski pemirsa di luar Korea Utara dapat melihat video penampilan Rodman, penonton di dalam negeri hanya diberitahu bahwa mantan pemain NBA itu telah “menyanyikan lagu spesial ke Kim Jong Un”.

Dari militer ke pemasaran

Kalender 2018 yang diperoleh TBS tersedia di hotel-hotel dan toko buku di Korea Utara serta di beberapa restoran Korea Utara yang berlokasi di luar negeri. Di kalender terdapat foto barang-barang yang diproduksi di negara itu, termasuk minuman keras, ginseng dan sepatu.

Kalender Korea Utara sebelumnya lebih banyak menampilkan militer atau keluarga Kim.

Namun harian Daily NK yang berbasis di Seoul mencatat bahwa kalender tahun ini lebih diarahkan untuk mempromosikan barang-barang produksi Korea Utara, serta lansekap dan masakan Korut.

Daily NK mengatakan bahwa ini menunjukkan bahwa penjualan “kalender propaganda” sebelumnya telah menurun.

Satu produk tertentu dalam kalender tahun ini telah menimbulkan kehebohan di televisi Jepang: sebuah “jam kesehatan”, lengkap dengan “prisma polarisasi kalsit alami”.

Produk ini, yang digambarkan pada halaman September, dilaporkan “dirancang untuk memperbaiki sirkulasi darah dan memperkuat sistem kekebalan tubuh”.

Caranya adalah dengan “menggunakan sinar matahari yang melewati lubang di sisi kanan muka jam”.

Ironisnya, lubangnya persis di tempat fungsi kalender di jam analog pada umunya.

Sumber : bbc.com