5 Fakta Menarik Indonesia vs Malaysia di Piala Thomas 2018

0
506

Indonesia akan menghadapi Malaysia di perempat final Piala Thomas 2018 di Impact Arena, Bangkok, Kamis (24/5). Berikut catatan menarik jelang duel tersebut.

Indonesia melaju ke babak perempat final Piala Thomas dengan status sebagai juara grup B dengan catatan selalu menang di babak penyisihan grup. Malaysia melenggang ke babak delapan besar dengan status runner up grup D dengan catatan kemenangan atas Rusia dan Aljazair namun kalah dari Denmark.

Berikut catatan menarik jelang duel Indonesia lawan Malaysia di perempat final Piala Thomas 2018:

1. Pertemuan terakhir antara Indonesia lawan Malaysia di Piala Thomas terjadi pada semifinal Piala Thomas 2014. Saat itu Indonesia kalah telak 0-3.

2. Namun Indonesia punya kenangan bagus saat berjumpa Malaysia di Bangkok. Dalam duel final Piala Thomas 1976 di Bangkok, Indonesia jadi juara usai menang telak 9-0 atas Malaysia.

Liem Swie King jadi salah satu anggota tim Indonesia saat menghadapi Malaysia di Bangkok tahun 1976.

3. Dalam enam edisi terakhir Piala Thomas, Indonesia dan Malaysia sama-sama lima kali masuk semifinal. Menariknya, satu-satunya kegagalan Indonesia dan Malaysia sama-sama terjadi pada 2012.

4. Indonesia terakhir kali jadi juara Piala Thomas pada tahun 2002 sedangkan Malaysia terakhir kali memenangi Piala Thomas pada 1992.

Lee Chong Wei saat ini tidak ada di zona lima besar.

5. Malaysia tak punya pemain di peringkat lima besar untuk tunggal putra dan ganda putra. Posisi terbaik ditempati Lee Chong Wei yang saat ini ada di peringkat ketujuh. Sedangkan Indonesia punya satu ganda di papan atas yaitu Kevin Sanjaya/Marcus Fernaldi Gideon yang ada di peringkat satu dunia.

Sumber : CNN.com