De Beers Memindahkan 200 Gajah dari Afrika Selatan ke Mozambik

0
961

Produsen berlian De Beers mengatakan telah memulai operasi untuk memindahkan 200 gajah dari cagar alam di Afrika Selatan ke Mozambik.

Populasi gajah di Cagar Alam Venetia Limpopo terlalu tinggi, dan berisiko menyebabkan kerusakan besar pada ekosistem, kata perusahaan itu.

Relokasi 200 hewan itu akan meningkatkan jumlah gajah di negara tetangga Mozambik, tambahnya.

Gajah di Mozambik terancam punah karena perburuan.

Mozambik menjadi negara dengan angka tertinggi perburuan untuk gading.

Lebih dari separuh populasi gajahnya diperkirakan hilang dalam lima tahun terakhir karena perburuan, menurut kelompok kampanye Fauna dan Flora International.

Di satu taman, Niassa National Reserve, para pemburu membunuh hampir 11.000 gajah sejak tahun 2007, mengurangi jumlah mereka menjadi sekitar 1.500 ekor.

De Beers, produsen berlian terkemuka di dunia, mengatakan akan mengangkut 60 gajah ke Taman Nasional Zinave milik negara pada bulan Juli dan Agustus.

Sisa 140 akan dipindahkan ke taman-taman, yang memiliki cukup ruang untuk menampung mereka, dari 2019, tambahnya dalam sebuah pernyataan.

De Beers akan menyumbangkan $ 500.000 (£ 380.000) selama lima tahun kepada kelompok konservasi Taman Rekreasi Peace untuk memerangi perburuan di Mozambik, kata perusahaan itu.

Cagar Alam Venetia Limpopo di Afrika Selatan dapat menampung sekitar 60 gajah tetapi sekarang memiliki 270 sebagai hasil dari pertumbuhan populasi alami, kata De Beers.

“Tidak ada simbol yang lebih besar dari Afrika daripada gajah agung”, dan relokasi itu akan membantu mengamankan masa depan mereka di Mozambik, tambah perusahaan itu.

Hal ini juga akan memastikan bahwa spesies lain dapat berkembang di Cagar Alam Venetia Limpopo seluas 32.000 hektar (80.000 acre), katanya.

Taman Nasional Zinave seluas 408.000 hektar hanya memiliki sekitar 60 ekor gajah, dan dapat menampung lebih banyak lagi, kata De Beers.

Populasi gajah taman telah berkurang selama perang saudara 16-tahun Mozambik, yang berakhir pada tahun 1992.