Google Ikut Rayakan HUT ke-73 Kemerdekaan RI

0
81

Google ikut merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-73 Republik Indonesia. Itu dilakukan melalui Google Doodle hari ini, Jumat (17/8) yang bernuansa merah putih.

Selain menampilkan bendera Indonesia, Google Doodle hari ini juga menampilkan tiga anak yang sedang lomba balap karung. Itu merupakan salah satu lomba yang identik dengan 17-an.

Indonesia merayakan kemerdekaan yang 73 tahun lalu diproklamirkan oleh Sukarno-Hatta.

Saat itu Jepang masih berada di Indonesia. Namun mereka sebenarnya sudah luluh lantak lantaran Hiroshima dan Nagasaki dibom. Para pemuda pun mendesak golongan tua segera memproklamasikan kemerdekaan, namun Sukarno-Hatta ingin lebih berhati-hati.

Laksamana Maeda tak bisa dilepaskan dari peristiwa bersejarah itu. Di rumah laksamana asal Jepang itulah naskah proklamasi diketik dan dibacakan.

Proklamasi pun dengan bangga dibacakan Sukarno pada 17 Agustus 1945 pukul 10 pagi.

Sejak saat itu kemerdekaan selalu dirayakan dengan meriah. Diawali dengan upacara pengibaran bendera dan pembacaan teks proklamasi pada pagi hari, perayaan kemerdekaan lazimnya dilanjutkan dengan aneka lomba sampai panggung hiburan.

Lomba yang identik dengan perayaan itu seperti panjat pinang, tarik tambang dan balap karung. Pada balap karung, peserta memasukkan kedua kaki dalam karung lalu melompat-lompat dan berlomba sampai garis finis. Selain semangat pantang menyerah, ia punya filosofi lain.

Konon, karung tetap digunakan sebagai perlengkapan lomba untuk mengingat masa penderitaan rakyat Indonesia zaman dahulu. Mereka harus menjalani kerja paksa dan menggunakan karung goni sebagai pakaian. Tak ayal, itu pun membuat banyak penyakit.

Sumber : CNN [dot] COM