8 Kesalahan Mengeringkan Rambut dengan Hair Dryer

0
272

Penggunaan hair dryer biasanya dilakukan supaya rambut cepat kering dan tampak lebih bervolume.

Namun, masih sering terjadi kesalahan mengeringkan rambut dengan hair dryer yang mungkin pernah kamu lakukan. Apa saja?

Hair dryer atau pengering rambut menghasilkan suhu panas. Suhu panas inilah yang bisa mengeringkan rambut basah dengan cepat.

Namun, terlalu sering terpapar suhu panas maupun salah menggunakan hair dryer bisa membuat rambut cepat rusak, kering, dan kehilangan kilau alaminya.

Berikut sejumlah kesalahan yang terjadi ketika mengeringkan rambut dengan hair dryer, dihimpun dari berbagai sumber.

1. Tidak menyisir rambut

Selalu sisir rambut terlebih dahulu sebelum mengeringkannya dengan hair dryer. Tujuannya supaya rambut tidak kusut ketika dikeringkan.

Selain itu, gunakan kondisioner ketika keramas untuk membantu mengurangi kusut pada rambut.

2. Tidak dimulai dari bagian akar

ilustrasi mengeringkan rambut dengan hair dryer

Kesalahan mengeringkan rambut dengan hair dryer berikutnya adalah langsung diarahkan ke batang rambut. Justru sebaiknya mulailah mengeringkan dari akar rambut.

Fokuskan panas ke kulit kepala dan bagian akar rambut terlebih dahulu. Selain membuat rambut kering merata, cara ini dapat membuat rambut lebih bervolume.

3. Salah mengarahkan moncong hair dryer

Arahkan moncong (nozzle) hair dryer ke bawah dari akar ke sepanjang batang rambut. Tujuannya supaya kutikula menutup dan menciptakan rambut halus dan berkilau.

Jika kamu ingin tampilan yang sedikit messy atau berantakan, cobalah arahkan dari bawah. Namun, lakukan hal tersebut di akhir pengeringan saat tahap penataan, dan bukan di awal.

4. Jarak hair dryer terlalu dekat dengan rambut

Kesalahan lain saat mengeringkan rambut dengan hair dryer adalah jarak yang terlalu dekat. Sebaiknya berikan jarak sekitar 15-20 cm antara nozzle hair dryer dengan rambut.

Sebab, jika terlalu dekat, paparan suhu panas dapat melemahkan akar, bikin tekstur rambut menjadi kering, serta menimbulkan overheating atau sensasi terbakar di kulit kepala.

5. Saat rambut masih sangat basah

Young woman her back turned laying on beach chair with wet hair

Dikutip dari Insider, sebaiknya keringkan dahulu rambut yang basah sebelum menggunakan hair dryer. Langsung menggunakan hair dryer saat rambut masih basah, justru akan membuat rontok dan mudah patah.

Cobalah gunakan handuk berbahan lembut untuk memeras air yang masih terdapat pada rambut sehabis keramas. Hal ini juga berguna untuk mencegah rambut kusut.

6. Tidak mengatur tingkat panas

Salah satu kebiasaan yang sering kali salah adalah mengabaikan tingkatan panas atau suhu pada hair dryer. Hal tersebut berguna untuk mencegah kerusakan akibat panas yang berlebih.

Jika rambutmu bertekstur halus dan tipis, atur suhu hair dryer dengan lebih rendah. Namun jika memiliki rambut yang tebal hingga kasar, gunakanlah pengaturan yang lebih panas.

7. Terlalu sering gunakan hair dryer

Penggunaan hair dryer terlalu sering lama-kelamaan bisa merusak rambut. Apalagi jika kamu tidak rajin melakukan perawatan.

Sebab panas dapat menyebabkan rambut kering, bercabang, kehilangan kilau alami, hingga rontok. Sebaiknya keringkan rambut dengan hair dryer hanya jika diperlukan. Idealnya, tiga kali seminggu agar rambut terhindar dari kerusakan.

8. Tidak menggunakan heat protectant

Heat protectant atau produk pelindung panas tak hanya dipakai sebelum menggunakan alat catok, tapi juga hair dryer.

Produk ini berfungsi untuk memproteksi rambut dari paparan suhu panas yang ekstrem. Tak jarang, heat protectant juga diperkaya dengan kandungan seperti vitamin dan keratin yang dapat menutrisi rambut.

Itulah beberapa kesalahan mengeringkan rambut dengan hair dryer yang mungkin pernah kamu lakukan. Semoga bermanfaat!

Sumber : CNN [dot] COM