PepsiCo Membeli Sodastream seharga $ 3,2 miliar

0
922

PepsiCo telah mengumumkan akan membeli Sodastream seharga $ 3,2 miliar (£ 2,5 miliar).

Sodastream yang berbasis di Israel membuat mesin dan silinder isi ulang yang memungkinkan pengguna membuat minuman berkarbonasi sendiri.

Kesepakatan itu memberi Pepsi cara baru menjangkau pelanggan di rumah mereka pada saat minuman pepsimenjadi kurang populer.

Ini juga merupakan akuisisi besar pertama perusahaan sejak kepala eksekutif Indra Nooyi mengungkapkan bahwa dia akan mengundurkan diri pada Oktober setelah 12 tahun di puncak pimpinan.

PepsiCo akan membeli semua saham Sodastream yang beredar seharga $ 144 masing-masing – hampir 11% lebih tinggi dari harga penutupan di New York pada hari Jumat.

Saham telah melonjak 85% tahun ini setelah naik sebesar 78% pada tahun 2017.

Pengambilalihan telah disetujui oleh dewan kedua perusahaan.

Presiden PepsiCo Ramon Laguarta, yang akan menggantikan Nooyi pada 3 Oktober, mengatakan Sodastream saling melengkapi dan inkremental untuk bisnis Pepsi.

“PepsiCo menemukan cara baru untuk menjangkau konsumen di luar botol,” tambahnya.

Sodastream telah memposisikan dirinya sebagai pembuat minuman untuk menarik konsumen yang lebih muda yang lebih sehat dan sadar lingkungan dan semakin menghindari minuman ringan.

“Dengan karbonat dan jus dan tidak ada perubahan arah, mengurangi kerugian melalui produk yang lebih baru dan lebih sehat akan sangat penting untuk PepsiCo,” kata analis Euromonitor International, Matthew Barry.

Perusahaan riset pasar mengatakan penjualan air kemasan naik 6,2% setiap tahun dalam lima tahun hingga 2017, sementara penjualan minuman ringan berkarbonat selalu datar.

Jika regulator menyetujui kesepakatan, itu diharapkan akan selesai pada Januari 2019, tergantung pada pemungutan suara oleh pemegang saham Sodastream.

Sodastream awalnya didirikan di Inggris pada tahun 1903 dan mengalami berbagai perubahan kepemilikan hingga menjadi anak perusahaan Cadbury Schweppes pada tahun 1985.

Pada tahun 1998, dibeli oleh perusahaan Israel Soda-Club, dengan pabrik manufaktur Inggrisnya di Peterborough pada tahun 2003.