Apple mendapatkan kritik dari model notch yang dikeluarkan pada produk IPhone X

0
897

Notch adalah bagian atas layar Smartphone yang bentuknya menyerupai poni, notch ini digunakan untuk meletakan sensor gerak, kamera depan, dll. Kegunaan lainya adalah untuk menentukan bagian atas dan bawah HP yang membuat Smartphone menjadi lebih elegan.

Seorang pengguna iPhone bernama Courtney Davis melayangkan gugatan ke pengadilan di Distrik Utara California. Davis menuduh Apple menayangkan informasi yang telah mengecoh pembeli pada iklannya. Gugatan ini berawal ketika Davis membeli sebuah iPhone XS Max melalui mekanisme pre-order.

Awalnya Davis mengira bahwa iPhone XS Max tidak memiliki notch lantaran dalam poster iklan yang dipublikasi, poni tersebut tersamarkan oleh warna gelap pada wallpaper yang digunakan. Namun ternyata kenyataannya berbeda. Sebagaimana kita ketahui bahwa semua perangkat iPhone yang dirilis pada 2018 ini memiliki notch di bagian atas layar. Karena hal inilah pengacara Davis menuduh Apple mendesain iklannya untuk menyembunyikan notch, sehingga dapat mengelabui calon pembeli.

Davis pun pada awalnya merasa yakin bahwa iPhone XS Max yang dia dapatkan secara beli tidak memiliki notch. “Gambar-gambar ini diyakini oleh penggugat bahwa iPhone XS dan XS Max tidak memiliki takik di bagian atas layar ponsel,” ungkap pengacara Davis.  Dikutip KompasTekno dari Business Insider, Selasa (18/12/2018), jika dilihat sepintas iklan-iklan Apple yang menampilkan jajaran iPhone terbaru memang terlihat tak memiliki notch. Hal ini dikarenakan Apple menggunakan wallpaper berwarna hitam yang menyamarkan takik tersebut.

Ini adalah pertama kalinya Apple mendapat gugatan dari pengguna yang mempermasalahkan materi iklan. Apple sendiri belum memberikan komentar terkait gugatan ini.