Kecepatan Internet Kamu Terganggu, Ini dia Biang Keroknya.

0
466

Sepanjang hari ini, pengguna internet di Indonesia kesulitan mengakses beberapa situs luar negeri. Rupanya hal ini disebabkan oleh jaringan kabel fiber optic Jakarta-Singapura yang putus.

Gangguan koneksi ini juga dirasakan detikINET yang menggunakan koneksi dari MyRepublic dan Smartfren sejak tadi pagi, Jumat (19/2/2021). Koneksi ke sejumlah situs seperti Twitter dan beberapa situs luar negeri lain terganggu.

Dari hasil pengujian Speedtest.net pun gangguannya terlihat dari penurunan kecepatan dan kenaikan angka ping yang jauh lebih besar dibanding pengujian ke server di Indonesia

Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) Jamalul Izza mengatakan sistem kabel yang terdampak adalah sistem Jakarta-Bangka-Bintan-Singapura (B2JS) milik PT Ketrosden Triasmitra. Kabel yang terputus berada di segmen Ancol-Bangka dan saat ini jaringan sudah mulai pulih.

“Tapi saat ini para penyelenggara sudah melakukan reroute ke rute kabel yang lain,” kata Jamalul saat dihubungi detikINET, Jumat (19/2/2021).

Karena putusnya jaringan fiber optik ini, hampir semua traffic internasional mengalami gangguan. Dampaknya juga cukup luas karena sebagian besar penyelenggara telekomunikasi menggunakan sistem kabel ini.

Saat ini, Jamalul mengaku masih belum mengetahui penyebab putusnya kabel fiber optik ini. Ia juga masih belum mengetahui kapan jaringan ini akan pulih sepenuhnya.

“Saya belum dapat updated terbarunya juga kira-kira estimasinya sampai kapan,” pungkasnya.