Pangeran Saudi: Penarikan Mundur Pasukan AS dari Suriah Akan ‘Perkuat Iran’

0
710

Pangeran Turki al-Faisal, yang merupakan salah satu sosok senior dalam keluarga kerajaan Arab Saudi, mengkritik keputusan Amerika Serikat dalam menarik mundur pasukannya dari Suriah.

Kepada BBC, Pangeran Al-Faisal mengatakan keputusan itu adalah “perkembangan yang sangat negatif” karena bakal menguatkan Iran, Rusia, dan pemerintahan Presiden Suriah Bashar al-Assad.

Pernyataan sang pangeran dikemukakan menjelang kunjungan Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo, ke Riyadh sebagai bagian dari rangkaian lawatan Timur Tengah.

Apa yang dikatakan Pangeran Al-Faisal?

Menurutnya, komunitas dunia bersalah menelantarkan rakyat Suriah dan penarikan mundur pasukan AS justru memperparah keadaan.

“Tindakan-tindakan AS, dalam perspektif saya, akan memperumit alih-alih menemukan solusi (Suriah). (Tindakan AS) tidak hanya memperkuat Iran, tapi juga Rusia dan Bashar al-Assad. Jadi dari perspektif saya, ini perkembangan yang sangat negatif,” ujarnya.

Dia menambahkan, kepergian James Mattis dari jabatan menteri pertahanan AS amat mungkin tidak membantu penyelesaian masalah.

“Jelas dia tidak setuju dengan pemerintah soal kebijakan Suriah sehingga dalam konteks itu keberadaannya akan menjadi tanda positif komitmen pada kebijakan tersebut,” sebutnya.

Pangeran Al-Faisal tak lagi menjadi bagian dari pemerintahan Arab Saudi, namun dia punya pengalaman di tubuh pemerintahan selama berpuluh tahun.

Koresponden BBC di Kementerian Luar Negeri, Barbara Plett, mengatakan pemaparan sang pangeran amat mungkin mencerminkan opini pemerintah Saudi tapi dia tidak berbicara atas nama pemerintah.

Apa yang akan dibicarakan Pompeo?

Pompeo yang sudah bertandang ke Irak, Yordania, Mesir, dan Bahrain, diperkirakan akan mendiskusikan soal Iran serta konflik di Yaman dan Suriah saat berkunjung ke Riyadh.

Sebagaimana dilaporkan sejumlah media AS, Pompeo juga ditengarai mencari laporan terkini mengenai pengusutan pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi.

Saat berada di Qatar, Pompeo berkata bakal menemui putra mahkota Pangeran Mohammed bin Salman untuk meminta “pertanggungjawaban” para pembunuh Khashoggi.

Kunjungan Pompeo ke Riyadh berlangsung tiga bulan setelah pembunuhan Khashoggi di Konsulat Saudi di Istanbul, Turki.

Pemerintah Saudi mengaku pria yang kerap mengkritik pihak kerajaan itu telah dibunuh di sana, namun membantah keterlibatan putra mahkota.

Padahal, sebelumnya, pemerintah Saudi berkeras Khashoggi telah meninggalkan konsulat dalam keadaan sehat.