Nilai Tukar Rupiah Melemas, Membuat Dolar AS leluasa dinilai Rp. 14.100

0
801

Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) ditutup melemah di perdagangan pasar spot hari ini. Mata Uang Rupiah melemah sepanjang hari perdagangan, dan dolar AS leluasa melakukan penetrasi di kisaran Rp 14.100.

Rupiah diperhitungkan melemah mencapai 0,39 % dibandingkan nilai penutupan hari sebelumnya. Mata uang Tanah Air tidak menyentuh zona hijau pada perdagangan hari ini alias selalu melemah. Saat pembukaan pasar, rupiah sudah melemah 0,04% dan semakin dalam seiring perjalanan pasar.

Sedangkan untuk Posisi terkuat Rupiah berada pada nilai Rp 14.090/US$ yaitu kala pembukaan pasar. Sedangkan terlemahnya sempat menyentuh Rp 14.155/US$.

Walau melemah, tetapi rupiah tidak sendirian. Hampir seluruh mata uang utama Asia juga melemah di hadapan dolar AS, hanya meninggalkan yen Jepang dan baht Thailand di zona hijau.

Namun pelemahannya yang semakin dalam membuat posisi rupiah di klasemen mata uang Asia tidak terlalu bagus. Rupiah finis di posisi kedua terbawah, hanya lebih unggul dari rupee India.