Raksasa teknologi Google bakal menghapus akun penggunanya yang sudah lama tidak aktif atau bahkan belum pernah digunakan.

Pemusnahan akun tersebut diumumkan Google pada hari ini, Selasa (17/5). Perusahaan menyebut akan mulai menghapus akun yang sudah tidak aktif selama setidaknya dua tahun.

Dikutip CNN, tujuan pemusnahan akun menurut perusahaan untuk mencegah terjadinya risiko keamanan.

Kebijakan yang diperbarui ini akan segera berlaku, tetapi Google mengatakan tidak akan mulai menghapus akun hingga Desember, seperti dikutip dari situs blog perusahaan.

Google berencana mengirimkan beberapa notifikasi peringatan kepada pengguna dan melakukan pembersihan akun yang tidak aktif secara bertahap.

Google mengatakan akun pertama yang akan dihapus adalah akun-akun yang dibuat dan tidak pernah dikunjungi kembali oleh pengguna. Kebijakan ini juga hanya akan berdampak pada akun pribadi, sehingga organisasi seperti sekolah dan bisnis tidak akan tersentuh.

Perusahaan yang berbasis di California, AS itu menjelaskan keputusan tersebut didasari pada temuan internal bahwa akun lama lebih cenderung mengandalkan kata sandi yang didaur ulang dan kecil kemungkinan untuk menggunakan langkah-langkah keamanan terbaru seperti verifikasi dua langkah.

“Sehingga membuat mereka jauh lebih rentan terhadap masalah seperti phishing, peretasan, dan spam,” ujar Google.

Keputusan untuk menghapus akun merupakan langkah terbaru dari kebijakan sebelumnya. Pada 2020, Google mengatakan pengguna akan menghapus konten mereka dari layanan yang sudah tidak digunakan lagi, tetapi akunnya sendiri tidak akan dihapus.

Agar akun Google Anda terhindar dari pemusnahan, hal yang harus dilakukan adalah masuk ke akun Google atau layanan Google apa pun dan membaca email, menonton video, melakukan pencarian, atau sejumlah aktivitas lain agar Google mendeteksi akun tersebut masih aktif.

“Cara paling mudah menjaga akun google Anda tetap aktif adalah untuk masuk paling tidak satu kali setiap dua tahun. Jika Anda masuk ke akun google atau layanan apa pun baru-baru ini, sebuah akun dianggap aktif dan tidak akan dihapus,” tulis Google.