Presiden Brazil ikut aksi demo anti lockdown dengan keadaan batuk

0
606
Presiden Brazil ikut aksi demo anti lockdown dengan keadaan batuk
Presiden Brazil ikut aksi demo anti lockdown dengan keadaan batuk

Depok – 20, April 2020 Pandemi Corona telah menyerang seluruh belahan dunia yang mengakibatkan kebijakan lockdown dimana – mana.

Presiden Brazil ikut aksi demo anti lockdown dengan keadaan batuk untuk meminta Cabut Aturan Karantina oleh Pemerintah Daerah. Jair Bolsonaro selaku Presiden Brazil menyerukan pencabutan karantina dan mendesak intervensi militer menutup Kongres dan Mahkamah Agung.

Kongres dan Mahkamah Agung mendukung isolasi sosial yang dikeluarkan para gubernur. Demikian dilansir dari CNN.

Dalam melakukan aksinya, Bolsonaro tidak memakai masker dan batuk beberapa kali saat berpidato di tengah kerumunan ratusan pendukungnya di Brasilia.

“(Setiap orang harus) melakukan apapun yang diperlukan bagi negara agar berada di tempat yang layak,” katanya.

“Kami tidak akan menegosiasikan apa pun.”

Aturan di Brasil, pemerintah nasional dan lokal di negara tersebut telah mengeluarkan beragam aturan bagaimana berperilaku selama pandemi.

Pekan lalu, Bolsonaro memecat menteri kesehatannya setelah berminggu-minggu tak sepaham atas tindakan isolasi sosial. Selama konferensi pers untuk memperkenalkan menteri barunya, ia menegaskan kembali bahwa dunia usaha perlu dibuka kembali untuk memastikan bahwa dampak ekonomi tidak lebih buruk daripada virus. Namun, jajak pendapat menunjukkan mayoritas warga Brasil mendukung isolasi sosial.

Pada Minggu, para pendukung Bolsonaro juga mengorganisir unjuk rasa di berbagai kota.

Brasil melaporkan 38.654 kasus sampai Minggu (19/4) dan 2.462 kematian, menurut pejabat kesehatan.