Facebook Akan Mulai Menghapus Klaim Palsu Tentang Vaksin COVID

0
505

Facebook akan mulai menghapus klaim palsu tentang vaksin COVID-19 dari platform media sosialnya, kata perusahaan itu Kamis, sebagai bagian dari kampanye yang sedang berlangsung untuk memerangi penyebaran informasi yang salah tentang mereka.

“Ini adalah cara lain kami menerapkan kebijakan kami untuk menghapus informasi yang salah tentang virus yang dapat menyebabkan kerusakan fisik yang akan segera terjadi,” kata Facebook dalam sebuah posting blog.

Raksasa media sosial itu mengatakan akan mulai menghapus informasi tentang vaksin yang telah didiskreditkan oleh ahli kesehatan masyarakat dalam beberapa minggu mendatang.

Keputusan, yang juga berlaku untuk Instagram, datang ketika vaksin COVID-19 pertama akan tersedia.

Inggris dapat memulai vaksinasi dalam beberapa hari setelah menjadi negara pertama yang memberikan otorisasi darurat untuk vaksin yang dikembangkan oleh pembuat obat AS Pfizer dan BioNTech Jerman.

Facebook telah mengambil langkah serupa dalam beberapa bulan terakhir. Perusahaan menghapus 12 juta postingan dengan informasi yang salah terkait virus corona dari Maret hingga Oktober, termasuk postingan video dari Presiden Donald Trump yang menyatakan bahwa anak-anak “hampir kebal” terhadap virus corona.

Facebook juga melarang iklan yang mencegah vaksinasi dan mempromosikan artikel di pusat informasi yang menyanggah informasi yang salah tentang COVID-19.