Gugatan Federal Menuduh Facebook Mendiskriminasi Pekerja AS

0
475

Departemen Kehakiman AS (DOJ) mengajukan gugatan pada hari Kamis dengan mengatakan raksasa media sosial Facebook mendiskriminasi pekerja AS dan mempekerjakan pekerja asing yang lebih murah sebagai gantinya.

Banyak dari pekerja sementara yang dituduh oleh DOJ sebagai pemberi preferensi perekrutan adalah pekerja asing dengan visa H-1B.

Visa H1-B memungkinkan perusahaan AS untuk mempekerjakan pekerja asing dalam “pekerjaan khusus.” Kritikus mengatakan perusahaan, terutama di bidang teknologi, memanfaatkan program visa untuk mempekerjakan orang asing dengan harga lebih murah.

DOJ lebih lanjut menuduh bahwa Facebook “menolak” untuk mempertimbangkan pekerja AS yang memenuhi syarat untuk lebih dari 2.600 pekerjaan terbuka dengan gaji tahunan rata-rata $ 156.000.

Langkah itu dilakukan setelah penyelidikan dua tahun terhadap praktik perekrutan Facebook, The New York Times melaporkan.

“Pesan kami kepada para pekerja jelas: Jika perusahaan menolak peluang kerja dengan secara ilegal lebih memilih pemegang visa sementara, Departemen Kehakiman akan meminta pertanggungjawaban mereka,” Eric S. Dreiband, asisten jaksa agung untuk divisi hak-hak sipil, mengatakan kepada Times. “Pesan kami kepada semua pemberi kerja – termasuk mereka yang bekerja di sektor teknologi – jelas: Anda tidak dapat secara ilegal memilih untuk merekrut, mempertimbangkan atau menyewa pemegang visa sementara daripada pekerja AS.”

“Facebook telah bekerja sama dengan DOJ dalam meninjau masalah ini,” kata juru bicara perusahaan Daniel Roberts kepada Reuters. “Dan sementara kami membantah tuduhan dalam pengaduan tersebut, kami tidak dapat berkomentar lebih lanjut tentang proses pengadilan yang tertunda.”

CEO Facebook Mark Zuckerberg, dengan kekayaan pribadi sekitar $ 100 miliar, telah lama menganjurkan para imigran untuk bekerja di sektor teknologi, lapor Times. Pada 2013, ia menciptakan Fwd.us, sebuah langkah advokasi nirlaba untuk mempermudah mempekerjakan imigran untuk pekerjaan teknologi, menurut Times.

Kasus DOJ terhadap Facebook adalah masalah lain bagi Silicon Valley, yang mendapat kecaman dalam beberapa tahun terakhir karena pelanggaran antitrust, praktik antikompetitif, masalah privasi, dan konten yang dianggap menyinggung beberapa orang.