Saat beberapa pembuat chip sudah merilis system on a chip (SoC) 5nm, Mediatek tampaknya baru akan merilis chip 5nm-nya pada 2022 mendatang, alias baru tahun depan.

Sejauh ini, sudah ada Apple, Huawei, dan Qualcomm yang sudah merilis dan menggunakan SoC dengan pabrikasi 5nm. Sementara Mediatek untuk 2020 ini baru akan merilis chip 6nm.

Hal ini terungkap dari bocoran roadmap Mediatek yang dibocorkan oleh Digital Chat Station. Dalam bocoran tersebut diungkap kalau chip 6nm Mediatek itu nantinya bakal dipakai oleh Oppo dan Vivo pada awalnya, dan kemudian bakal dipakai juga di lini Redmi milik Xiaomi.

Chip 6nm Mediatek itu kabarnya akan bernama Dimensity 1200 dan 1100. Sementara untuk chip 5nm-nya bakal bernama Mediatek 2000. Chip 5nm ini juga kabarnya bakal pertama dipakai oleh Oppo dan Vivo.

Selain itu, Honor pun disebut bakal jadi pengguna chip tersebut, setelah mereka tak lagi menggunakan Kirin. Era Honor tanpa Kirin ini bakal dimulai dari Honor V40 yang memakai Dimensity 1000+.

Dimensity 2000 juga bakal menjadi chip pertama Mediatek yang menggunakan core Cortex-X yang punya performa tinggi. Core ini bakal dipasangkan dengan Cortex-A79 dan GPU Mali-G79, meski ketiga core ini belum dirilis oleh ARM sampai saat ini.

Dibanding A78, Cortex-A79 disebut punya peningkatan yang tak signifikan. Namun dibanding core jadul seperti A73, peningkatan performanya disebut mencapai 2,5 kali lipat.

Peningkatan performa yang signifikan kabarnya bakal ada pada arsitektur selanjutnya, yang bernama Makalu. Core tersebut bakal 30% lebih kencang dibanding A78, namun kabarnya baru akan diproduksi massal setelah 2023 dan tak lagi mendukung sistem 32 bit.