7 Manfaat Mengejutkan Daun Kemangi, Bisa Cegah Penyakit Jantung

0
264

Tak cuma wangi, daun kemangi juga memiliki banyak khasiat. Apa saja manfaat daun kemangi untuk kesehatan?

Kemangi merupakan tumbuhan hijau beraroma yang berasal dari Asia dan Afrika. Daun satu ini kerap digunakan sebagai penyedap makanan karena sifatnya yang aromatik.

Nutrisi kemangi

Seperti sayuran hijau lainnya, kemangi juga mengandung banyak nutrisi. Mengutip Healthline, berikut beberapa nutrisi dalam 2 gram daun kemangi:

– 0,6 kalori,
– 3 persen dari kebutuhan harian vitamin A,
– 13 persen dari kebutuhan harian vitamin K,
– 0,5 persen dari kebutuhan harian kalsium,
– 0,5 persen dari kebutuhan harian zat besi,
– 1,5 persen dari kebutuhan harian mangan.

Selain itu, kemangi juga dikenal memiliki sifat antioksidan, anti-inflamasi, dan antibakteri. Ketiganya membantu tubuh terlindungi dari ancaman penyakit.

Manfaat daun kemangi

partial view of woman holding paper made large intestine on grey background

Dengan berbagai nutrisi yang dimiliki, tak heran jika sayuran satu ini memiliki beragam khasiat. Berikut beberapa manfaat daun kemangi yang jarang diketahui.

1. Menjaga pencernaan

Kemangi dapat memperlancar pencernaan secara optimal. Mengutip Food NDTV, eugenol yang ditemukan dalam daun kemangi mencegah terjadinya peradangan pada pencernaan.

Selain itu, kemangi juga bekerja dengan membantu menyeimbangkan asam dalam tubuh dan mengembalikan tingkat pH tubuh.

2. Mencegah penyakit jantung

Kemangi dikenal dengan sifat anti-inflamasinya. Beberapa kandungan di dalamnya, seperti eugenol, citronellol, dan linalool, dapat membantu mencegah peradangan karena sifatnya yang mampu menghambat enzim.

Dengan sifat anti-inflamasi yang dimilikinya, kemangi dapat berkontribusi untuk menjaga kesehatan jantung dan penyakit kronis lainnya.

3. Melawan radikal bebas

Kemangi mengandung dua senyawa antioksidan flavonoid yang penting bernama orientin dan vicenicare.

Antioksidan ini dapat memperkuat tubuh dalam menghadang paparan radikal bebas yang memicu banyak masalah kesehatan. Caranya dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi struktur sel.

Tak cuma itu, antioksidan pada kemangi juga bisa membantu mencegah penuaan dini pada kulit.

4. Mengatasi kecemasan

Minyak esensial yang terbuat dari kemangi dapat membantu meredam kecemasan. Ramuan ini diyakini dapat merangsang neurotransmitter yang mengatur hormon yang bertanggung jawab dalam mendorong rasa bahagia.

Selain itu, kemangi juga dianggap sebagai agen anti-stres yang kuat.

5. Mencegah kanker

Sick girl with cancer touching window in the hospice during treatment

Mengutip WebMD, kandungan fitokimia dalam kemangi membantu melindungi tubuh dari berbagai jenis kanker. Fitokimia merupakan salah satu senyawa antioksidan yang penting.

6. Mengontrol kadar gula darah

Menambahkan kemangi ke dalam sajian dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Hal ini dibuktikan dalam sebuah penelitian pada tikus dengan diabetes yang diberikan ekstrak kemangi.

7. Mencegah infeksi

Kemangi memiliki sifat antibakteri. Minyak kemangi disebut dapat melawan bakteri yang kerap menyebabkan infeksi, seperti yang menyerang saluran kemih.

Demikian beberapa manfaat daun kemangi yang jarang diketahui. Jangan lupa tambahkan kemangi dalam setiap sajian makanan Anda.

Sumber : CNN [dot] COM