Putusan Akhir tentang Larangan Facebook Trump Ditunda

0
395

Keputusan terakhir tentang apakah akan membatalkan larangan Facebook terhadap mantan presiden AS Donald Trump akan memakan waktu sedikit lebih lama dari yang diantisipasi, kata dewan pengawas independen pada hari Jumat.

Kritik terhadap perusahaan media sosial dan bahkan pendukung kuat wacana politik yang tidak terkekang meminta dewan pengawas Facebook untuk mendukung keputusan untuk memecat Trump dari platform setelah serangan 6 Januari di Capitol AS.

“Komitmen dewan untuk meninjau dengan hati-hati semua komentar telah memperpanjang jangka waktu kasus,” kata seorang juru bicara kepada AFP.

“Dewan akan mengumumkan keputusannya atas kasus terkait penangguhan tak terbatas mantan Presiden AS Trump dari Facebook dan Instagram dalam beberapa minggu mendatang.”

Dewan pengawas Facebook awalnya mengharapkan keputusannya pada bulan ini.

Menyebut Trump sebagai “bahaya yang jelas dan sekarang,” para sarjana dan pendukung hak-hak sipil telah mendesak Facebook untuk secara permanen melarang mantan presiden dari platform tersebut.

Kaum konservatif di Capitol Hill dan sekitarnya berpendapat bahwa langkah Facebook dan Twitter ke “deplatform” Trump menunjukkan bias politik dan menghambat kebebasan berbicara.

Periode komentar publik yang diperpanjang berakhir pada Februari dengan lebih dari 9.000 pengajuan terkait kasus tersebut, menurut dewan.

Jejaring sosial itu sendiri meminta badan independen tersebut untuk meninjau kembali penggusuran Trump dari komunitas online.

Dewan pengawas memiliki keputusan akhir tentang apa yang dihapus atau diizinkan untuk tetap berada di jejaring sosial terbesar di dunia.

Akses Trump ke platform media sosial yang dia gunakan sebagai megafon selama masa kepresidenannya sebagian besar telah terputus sejak massa pendukungnya yang kejam menyerbu Capitol di Washington.