Posisi Gigi yang Tepat Saat Mobil Matic Setop di Lampu Merah

0
535

Pengemudi mobil matic, pemula ataupun yang sudah berpengalaman, masih sering bingung menentukan mana posisi tuas transmisi terbaik saat berhenti sementara, misalnya di lampu merah.

Mengerti jawaban soal ini bisa memperpanjang usia pakai komponen yang berujung penghematan biaya serta menambah unsur keselamatan.

Menurut Hyundai Mobil Indonesia dalam situs resminya dikutip Selasa (4/5), posisi tuas transmisi yang direkomendasikan saat mobil berhenti adalah ‘N’ (Netral). Dalam posisi ini bagian transmisi tidak menyambung dengan roda yang artinya tidak ada potensi panas karena komponen tertahan.

 

Selain untuk keawetan komponen, menempatkan tuas transmisi di posisi N juga mengurangi risiko mobil bergerak atau bahkan menyundul ketika mendadak pedal rem terlepas atau pedal gas terinjak saat di posisi ‘D’ (Drive).

Atas dasar hal ini direkomendasikan jangan mengandalkan pijakan kaki di rem sambil membiarkan tuas transmisi di posisi D saat berhenti di lampu merah.

Memasang tuas transmisi di posisi ‘P’ (Park) juga disebut kurang tepat, karena pilihan ini hanya cocok untuk kondisi parkir. Alasan karena butuh waktu menggeser tuas transmisi dari ‘P’ ke ‘D’ saat ingin jalan, alibi lainnya ‘P’ juga berarti posisi ban terkunci.

Sumber : CNN [dot] COM