Bahaya Kebiasaan Buruk Makan di Satu Sisi Mulut

0
457

Kenyamanan membuat banyak orang lebih memilih untuk mengunyah makanannya di salah satu sisi mulut, entah kanan atau kiri.

Jika Anda termasuk salah satu di antaranya, cobalah untuk tak lagi melakukan hal itu.

Mengunyah makanan sebaiknya dilakukan secara seimbang di kedua sisi mulut, bukan salah satunya. Kebiasaan hanya mengunyah di satu sisi bisa berdampak terhadap kebersihan mulut dan menyebabkan karang gigi.

 

Dokter spesialis konservasi gigi dari Rumah Sakit Pelni Jakarta Rosdiana Nurul Annisa mengatakan bahwa air liur akan diproduksi ketika seseorang mengunyah.

“Salah satu fungsi dari saliva atau air liur ituself-cleansinguntuk membersihkan mulut, jadi biasanya sisi yang tidak pernah dipakai mengunyah justru lebih banyak karang giginya,” kata Rosdiana kepada Antara.

Ada banyak fungsi air liur atau ludah dalam mulut, termasuk membuat mulut tak kering dan terasa nyaman, membantu mengunyah dan menghancurkan makanan, merasakan makanan dan menelan. Selain itu, air liur juga mengandung protein dan mineral yang melindungi lapisan terluar gigi dan mencegah kerusakan gigi serta penyakit gusi.

Air liur membantu membersihkan partikel-partikel makanan dari gigi, sehingga bisa mengurangi risiko gigi berlubang.

Tak cuma masalah karang gigi, kebiasaan untuk mengunyah di salah satu bagian mulut ini juga menyebabkan masalah lainnya. Rosdiana mengungkapkan, sendi di sisi mulut yang tidak dipakai mengunyah akan melemah karena tidak bekerja. Gigi pada sisi yang dipakai untuk mengunyah mendapat beban yang lebih berat karena semua dipusatkan di situ.

Jangan biarkan hal ini terus berlanjut. Kenali apa alasan Anda tak suka dan tak bisa mengunyah makanan di kedua sisi bersamaan secara seimbang.

Rosdiana menjelaskan, ada kemungkinan mengunyah hanya di satu sisi disebabkan rasa tidak nyaman pada rongga sebelah. Sumbernya bervariasi, mungkin ada gigi yang berlubang yang membuat sisa makanan tersangkut ke dalamnya.

“Pokoknya sesuatu yang bikin dia tidak bisa mengunyah di sisi lain,” ujarnya.

Sumber : CNN [dot] COM