Sorbs: Etnis minoritas di Jerman

0
691

Kerajaan dan negara-negara Eropa telah datang dan pergi, tetapi selama lebih dari 1.500 tahun, sebuah kelompok etnis berbahasa Slavia tetap berada di Jerman.

andrea Bunar memiliki salah satu pekerjaan paling tidak biasa di Jerman.

Hampir setiap hari antara bulan April dan Oktober, Bunar naik perahu sepanjang 9m dan dengan damai menavigasi melalui labirin saluran air kecil untuk mengirimkan surat ke sekitar 65 rumah yang sangat sulit dijangkau.

The post has been delivered by a gondola-like boat for the past 124 years in the Spreewald (Credit: Sean Gallup/Getty Images)

Bunar adalah tukang pos lokal di Lehde, sebuah desa tenang berpenduduk 150 orang dari pulau-pulau berawa yang dihubungkan oleh jembatan penyeberangan, terletak di cagar biosfer Unesco yang subur di Spreewald. Terletak sekitar 100 km tenggara Berlin, mosaik padang rumput, hutan, dan kanal seluas 47.500 hektar ini memiliki sedikit jalan, menawarkan banyak jalur hiking dan populer di kalangan wisatawan yang ingin melarikan diri dari hiruk pikuk ibu kota Jerman.

Spreewald (Hutan di sungai Spree) adalah rumah bagi lebih dari 250 km saluran navigasi dan pertanian organik, banyak di antaranya menghasilkan produk paling terkenal di kawasan itu: gherkin Spreewald. Setelah dinyatakan sebagai “mungkin yang terbaik di dunia” oleh The Guardian, mentimun manis dan asin yang dilindungi UE ini dipanen pada bulan Juli dan Agustus dan kemudian dijual dari kios kayu kecil yang berjajar di jalur sepeda sepanjang 260 km yang dinamai acar bintang di kawasan itu.

Bunar menikmati ketenangan yang datang dengan pekerjaannya, dan dia tahu hutan belantara dan lahan basah di daerah itu dengan baik. Setiap minggu, dia mengirimkan sekitar 650 surat dan paket kecil di sekitar Lehde – dan terkadang dia harus membawa lebih dari sekadar parsel. Dia telah mengangkut pohon apel, mesin pemotong rumput, dan TV layar datar dengan tongkang tipe gondolanya, dengan cekatan mengarahkannya melalui saluran sempit dengan tiang sepanjang 4m.

Saluran air Spreewald yang sepi selalu menjadi jalur hidupnya, dengan perahu kayu yang disebut Kahns mengarungi jalinan sungai di kawasan itu untuk mengangkut ternak, tanaman, dan manusia selama lebih dari 1.000 tahun. Saat ini, sebagian besar peternakan memiliki perahu kecil dan dermaga yang sama kecilnya, dan selama 124 tahun terakhir kanal-kanal ini juga telah digunakan untuk mengirim surat.

The Spreewald is a Unesco biosphere spanning 47,500-hectares of meadows, forests and canals with few roads (Credit: LianeM/Getty Images)

“Senang sekali tradisi lama seperti ini diusung dan dihidupkan kembali,” kata Bunar sebelum keluar untuk menyampaikan pos hari yang telah dilakukannya selama 10 tahun terakhir. “Itu benar-benar memperkaya kehidupan desa.”

Tetapi meskipun Bunar, yang telah tinggal di dekat Spreewald hampir sepanjang hidupnya, sering mengobrol dalam bahasa Jerman dengan penduduk lokal dan turis, dia menyesal bahwa dia tidak berbicara bahasa kedua di kawasan itu, yang merupakan bagian penting dari identitas uniknya. Itu karena, selain melindungi 6.000 spesies hewan dan tumbuhan, Spreewald juga merupakan rumah bagi Sorbs: kelompok etnis Slavia terkecil di dunia dan salah satu dari empat minoritas yang diakui secara nasional di Jerman, bersama Denmark, Frisia dan Sinti dan Roma Jerman.

The Sorbs adalah keturunan suku Slavia yang tinggal di utara Pegunungan Carpathian di Eropa Tengah dan Timur. Sekitar 1.500 tahun yang lalu, beberapa suku ini bermigrasi ke Lusatia, wilayah bersejarah yang kadang disebut Sorbia yang membentang di Jerman timur, Polandia barat, dan ujung utara Republik Ceko. Seiring waktu, kerajaan dan negara-negara Eropa telah datang dan pergi, tetapi Sorb tetap ada – etnis minoritas berbahasa Slavia yang ada di Jerman modern.

The Sorbs are a Slavic ethnic minority that have lived in modern-day Germany for roughly 1,500 years (Credit: Sean Galliup/Getty Images)

Saat ini ada sekitar 60.000 Sorb di Jerman. Sepertiga tinggal di negara bagian Brandenburg, di mana Spreewald berada, dan sisanya tinggal lebih jauh ke selatan, di Saxony.

Selain bahasa Jerman, orang Sorb berbicara dalam bahasa Slavia Barat mereka sendiri: sekitar 20.000 orang di Saxony berbicara bahasa Sorbia Atas (yang memiliki kemiripan dengan bahasa Ceko); sedangkan Brandenburg memiliki sekitar 5.000 penutur bahasa Sorbia Bawah (yang memiliki lebih banyak kesamaan dengan bahasa Polandia). Kedua bahasa tersebut terancam punah, dan dilindungi serta dipromosikan secara lokal.

Ini berarti bahwa ketika pengunjung perlahan-lahan mendayung melalui kanal-kanal Spreewald yang tenang dengan perahu atau kayak yang mereka sewa, mereka cenderung memperhatikan bahwa tanda-tanda publik bersifat dwibahasa. Lehde, misalnya, adalah Lědy dalam bahasa Sorbia Bawah. Dan jika Anda bertanya kepada penduduk setempat, banyak yang akan menulis nama dan gelar mereka dalam bahasa Jerman dan Sorbia.

“Bagi banyak orang, bahasa itu sangat penting, ini adalah cara utama untuk mengidentifikasi dengan Sorban pada umumnya,” kata Fabian Kaulfürst, seorang ahli bahasa di Sorbian Institute, sebuah fasilitas penelitian yang mengkhususkan diri dalam sejarah dan budaya Sorbian, yang terletak di kota Bautzen, atau Budyšin di Sorbian Atas – yang umumnya dikenal sebagai jantung spiritual dan politik Sorbs hari ini.

Saya bertemu Kaulfürst di kebunnya di desa kecil Saxon, Panschwitz-Kuckau, atau Pančicy-Kukow, salah satu dari lima desa di dekat Bautzen yang umumnya digambarkan sebagai benteng Sorbs, terletak sekitar 100 km selatan Lehde. Di sini, seperti yang dijelaskan Kaulfürst, bahasa Sorbian tidak hanya dituturkan oleh generasi yang lebih tua, tetapi juga bahasa sehari-hari yang digunakan di supermarket dan di antara 7.000 penduduk kawasan itu. Adalah umum untuk mendengar orang saling menyapa dengan “Witaj” informal alih-alih “Halo” Jerman.

“Kami masih beruntung di sini bahwa ada orang yang merasa ini adalah bahasa komunikasi yang normal dan tidak perlu terlalu memikirkannya, tetapi cukup berbicara tanpa basa-basi,” katanya.

One of the reasons Sorbs have been able to preserve their culture and language is that this sparsely populated, strongly Catholic community is surrounded by fields and hills and is difficult to reach by public transport. It’s only about 50km from Dresden, Saxony’s capital, but it feels like a world away.

This uniqueness is also felt in the village of Crostwitz, known locally as Chrósćicy. Here, around 90% of residents are Sorbian, and councillors speak primarily in Upper Sorbian during their monthly political meetings. Official documents are printed in both languages.

In Crostwitz (or Chrósćicy), roughly 90% of residents are Sorbian (Credit: Thomas Sparrow)

“Ini biasa terjadi di sini; itulah mengapa ini penting,” kata Marko Klimann, walikota Crostwitz dan seorang Sorb sendiri. “Ini bukan sesuatu yang entah bagaimana dibuat secara artifisial dan sekarang kami berusaha untuk tetap hidup. Ini adalah kehidupan sehari-hari. Ini adalah bahasa sehari-hari,” katanya.

Untuk tetap seperti itu, Sorbs berfokus pada generasi mendatang. Sekitar 5.000 murid belajar bahasa Sorbian di 41 sekolah dasar, serta di belasan sekolah menengah. Dan menurut Katharina Jurk, kepala Asosiasi Sekolah Sorbian, semua 60 siswa di sekolah dasar lokal di Crostwitz belajar Sorbian sebagai bahasa ibu mereka dan bahasa Jerman sebagai bahasa kedua.

Tantangannya tentu besar, seperti mencari guru. Tapi, Jurk menekankan, keluarga muda semakin mementingkan untuk mewariskan tidak hanya bahasa, tetapi juga tradisi Sorbia lainnya kepada generasi muda.

Across the region, thousands of children speak Sorbian as their first language (Credit: Sean Gallup/Getty Images)

Itu karena, sepanjang sejarah Jerman, Sorbs telah berhasil melestarikan warisan budaya mereka sendiri yang kaya. Mereka terkenal di seluruh negeri karena telur Paskah mereka yang dibuat dengan sangat baik, yang didekorasi dan diwarnai dengan sabar oleh keluarga setiap tahun pada bulan Maret dan April. Mereka juga menghargai kebiasaan karnaval mereka, di mana mereka mengusir roh jahat dan mengucapkan selamat tinggal pada bulan-bulan dingin dalam setahun. Bunar mengatakan ini adalah salah satu tradisi Sorbian yang sangat dia sukai untuk dipraktikkan bersama anak-anaknya di Spreewald.

“Kami berjalan selama satu hari melewati desa,” jelasnya. “Kami mengumpulkan telur, bacon, dan uang dan kemudian, seminggu kemudian, kami mengenakan kostum tradisional kami dan kemudian musim dingin berlalu dan kami merayakan musim semi.”

Bunar mengatakan penting baginya untuk berkontribusi agar tradisi ini tetap hidup, “seperti mengantarkan pos dengan tongkang”.

Over time, countries have come and gone, but the Sorbs have remained in the Spreewald (Credit: Johannes Eisele/Getty Images)

Ini adalah pengiriman yang ditandai dengan “ketenangan mutlak” yang sering dia rasakan di atas air. Selama rute 8 km, dia mengayuh secara berirama dari satu peternakan ke peternakan berikutnya di wilayah yang masih alami dan tradisi kuno yang dia cukup beruntung untuk menelepon ke rumah.

“Ini benar-benar indah, unik,” katanya.

Sumber : BBC [dot] COM