Astronaut China Lakukan “Spacewalk” Pertama di Luar Stasiun Baru

0
427

Dua astronaut China pada Minggu (4/7) melakukan “spacewalk” pertama di luar stasiun orbit baru milik China untuk memasang kamera dan peralatan lainnya menggunakan lengan robot sepanjang 15 meter.

Televisi pemerintah menunjukkan astronaut Liu Boming dan Tang Hongbo merangkak keluar dari kompartemen penyangga udara (airlock), sementara Bumi tampak di bawah mereka. Anggota kru ketiga, Komandan Nie Haisheng, tetap berada di dalam stasiun.

Spacewalk adalah kegiatan yang dilakukan astronaut di luar pesawat luar angkasa.

Badan antariksa China mengatakan, seperti dikutip oleh kantor berita The Associated Press, Liu dan Tang menghabiskan hampir tujuh jam di luar stasiun.

Para astronaut tiba pada 17 Juni untuk misi tiga bulan di stasiun orbital ketiga China, bagian dari program luar angkasa ambisius yang mendaratkan robot rover di Mars pada Mei. Misi mereka berlangsung ketika Partai Komunis yang berkuasa merayakan ulang tahun ke-100.

Modul pertama stasiun, Tianhe, atau Harmoni Surgawi, diluncurkan 29 April. Itu diikuti oleh pesawat ruang angkasa otomatis dengan makanan dan bahan bakar. Liu, Nie dan Tang tiba pada 17 Juni dengan wahana antariksa Shenzhou.

Pada Minggu (4/7), Liu menempelkan kakinya ke platform di ujung lengan yang dikendalikan dari jarak jauh yang menahannya saat dia menggunakan bor listrik dan alat lain untuk memasang peralatan быстро займ по паспорту.

Badan antariksa China merencanakan total 11 peluncuran hingga akhir tahun depan untuk menambah dua modul lagi ke stasiun 70 ton.

Liu adalah veteran misi Shenzhou 7 pada 2008. Saat itu, Zhai Zhigang melakukan “spacewalk” pertama untuk China. Misi kali ini adalah perjalanan ruang angkasa yang ketiga bagi Nie dan pertama bagi Tang. Ketiganya adalah pilot militer.