UG Roxie: The Oxygen Generator up to 120LPM, First Check by BPFK Kemenkes

0
812

Oxygen consentrator adalah alat yang mengubah udara di lingkungan menjadi O2 dengan konsentrasi >90% dan kecepatan aliran (flow) tertentu. Yang banyak dipasaran saat ini adalah 1-7 liter/menit. Ini hanya bisa dipakai untuk terapi oksigen konvensional baik melalui hidung ( nasal kanul) maupun sungkup seperti terapi asma.
Oxygen Concentrator tipe ini tidak memiliki tekanan, udara yang diambil hanya difilter dan dilewatkan langsung ke pengguna.

Sedangkan UG Roxie yang dikembangkan oleh Universitas Gunadarma bersama Sari Teknologi merupakan Compresses Oxygen Concentrator (Oxygen Generator) yang mengubah udara dilingkungan menjadi:

– O2 dengan konsentrasi >90%
– Flow diatas 40 LPM
– Mempunyai tekanan 1-6 Bar

Dengan demikian alat ini selain dpt digunakan utk terapi oxygen konvensional juga dapat digunakan untuk High Flow Oxygen Therapy baik non invasiv maupun invasiv (Ventilator)

Untuk kasus2 covid-19 tingkat sedang hingga berat dibutuhkan High Flow Oxygen Therapy, UG Roxie merupakan alat yang sangat dibutuhkan oleh fasilitas kesehatan baik secara darurat maupun permanen.