5 Cara Alami Redakan Gejala Sinusitis

0
498

Jika Anda terus-menerus terganggu dengan hidung tersumbat yang tak kunjung berhenti, Anda mungkin mengalami infeksi sinus atau sinusitis. Berikut cara alami mengatasi sinus.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS, jenis infeksi ini terjadi ketika cairan menumpuk (biasanya) berisi udara di sinus dan rongga hidung. Saat itu terjadi, kuman bisa tumbuh dan berkembang biak.

Karena sebagian besar infeksi sinus disebabkan oleh virus, menurut CDC, banyak yang tidak perlu diobati dengan antibiotik (yang hanya membantu infeksi bakteri).

Sebagai gantinya, Anda dapat mencoba cara-cara untuk meringankan gejala sinusitis secara alami. Berikut cara alami mengatasi sinusitis dari rumah.

1. Menunggu beberapa waktu
Menurut Erica Elsing-Stevens, seorang dokter keluarga di Spectrum Health West Michigan Primary Care, sebagian besar infeksi sinus yang disebabkan oleh virus akan sembuh dengan sendirinya dalam tujuh hingga 10 hari.

“Infeksi bakteri hanya terjadi pada 0,5 hingga 2 persen kasus,” katanya, seperti dikutip LiveStrong.

Jadi, salah satu strategi yang dapat Anda coba adalah menunggu infeksi sinus Anda sembuh dan mengunjungi dokter jika infeksi tidak membaik dalam waktu sekitar seminggu.

CDC menyebut pendekatan ini “menunggu dengan waspada” dan merekomendasikannya untuk orang tua dari anak-anak dengan infeksi sinus.

“Sangat umum untuk menghilangkan infeksi sinus sendiri dengan manajemen gejala,” ujar Elsing-Stevens.

2. Tetap terhidrasi
Minum banyak air sepanjang hari dapat membantu meringankan gejala sinus.

“Hal nomor satu yang dapat Anda lakukan adalah tetap terhidrasi, dan ini berarti minum banyak air,” kata Elsing-Stevens.

Dia merekomendasikan minum air setidaknya setiap beberapa jam saat bangun untuk membantu membersihkan sinus.

Minum air ekstra dapat membantu mengencerkan lendir, menurut St. Luke Health System.

3. Minum jahe
Jahe adalah salah satu makanan terbaik untuk membersihkan sinus. Menurut Elsing-Stevens, tidak ada makanan yang bisa menyembuhkan infeksi sinus.

Namun, makan makanan atau herbal dengan sifat antibakteri seperti bawang putih, jahe dan bawang bombay, bisa membantu saat Anda melawan infeksi.

Jika Anda ingin menggunakan jahe untuk mengatasi hidung tersumbat, Elsing-Stevens menyarankan minum teh jahe untuk membantu mengelola infeksi sinus Anda. Berikut cara membuatnya:

– Tambahkan beberapa potong jahe ke dalam 1 gelas air.

– Rebus dengan baik selama 10 menit, lalu biarkan dingin.

– Minum hingga tiga kali sehari.

4. Kompres hangat
Jika Anda memiliki nyeri akibat infeksi sinus, menggunakan kompres hangat yang ditempatkan langsung pada sinus dapat membantu.

5. Terapi uap
Terapi uap adalah cara yang aman untuk membantu meringankan gejala infeksi sinus atau sinusitis secara alami.

Coba isi mangkuk dengan air panas yang mengepul, tutup kepala Anda dengan handuk dan arahkan tubuh ke atas mangkuk selama 10 menit agar uapnya masuk ke dalam sinus.

Menurut Elsing-Stevens, bahkan hanya mandi air panas dan menghirup udara lembab dapat membantu.

Faktor risiko tertentu dapat membuat Anda lebih rentan terhadap infeksi sinus, menurut CDC. Untuk itu, coba hindari pemicunya, seperti:

– Merokok

– Terpapar asap rokok

– Alergi musiman

– Infeksi sebelumnya

Sumber : CNN [dot] COm