Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan daftar 29 wilayah yang diguyur hujan sedang hingga lebat dalam sepekan.

Kepala Bidang Prediksi dan Peringatan Dini Cuaca BMKG Miming Saepudin mengatakan ada sejumlah faktor yang memicu hujan lebatdi sejumlah wilayah di Indonesia dalam beberapa hari terakhir.

“Yang terjadi saat ini adanya tiga dinamika atmosfer yang aktif secara bersamaan. Tiga fenomena itu kita istilahkan sebagai Gelombang Kelvin, kemudian ada Rossby Ekuator, dan Madden Jullian Oscilation (MJO). Ketiga fenomena itu aktif secara bersamaan maka signifikasi peningkatan curah hujan terjadi,” kata Miming kepada  beberapa waktu lalu.

Mengutip makalah peneliti oseanografi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Rainey Windayati dan Dewi Surinati, berjudul Fenomena Madden Julian Oscillation, MJO merupakan anomali sirkulasi atmosfer berskala besar yang menyebar ke timur yang berasal dari atas Samudra Hindia Barat, terbatas pada daerah tropis, dan bergerak dengan kecepatan sekitar 5-10 meter per detik dengan durasi 30 hingga 60 hari.

Kemudian Equatorial Rossby waves (gelombang Rossby Ekuator) merupakan gelombang atmosfer yang bergerak ke arah barat di sepanjang wilayah ekuator (20 Lintang Utara – 20 Lintang Selatan) dengan periode kurang dari 72 hari yang umumnya bisa bertahan 7-10 hari di Indonesia.

Ada juga gelombang Kelvin, yaitu gelombang atmosfer yang memiliki arah penjalaran mirip seperti MJO, yaitu ke arah timur, namun dengan periode gelombang jauh lebih pendek yaitu 2,5 hingga 20 hari.

Berdasarkan hasil analisis BMKG, kondisi dinamika atmosfer menunjukkan adanya belokan dan perlambatan kecepatan angin yang dapat meningkatkan pola konvektifitas serta aktifnya fenomena (MJO) yang berinteraksi dengan gelombang Rossby Ekuator dan gelombang Kelvin.

“Sehingga dapat memaksimalkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia dalam beberapa hari ke depan,” bunyi keterangan pers BMKG.

Berikut, daftar 29 wilayah Indonesia yang berpotensi diguyur hujan sedang-deras, pada periode 2-8 Oktober 2022:

1. Aceh
2. Sumatera Utara
3. Sumatera Barat
4. Kep. Riau
5. Riau
6. Kep. Bangka Belitung
7. Jambi
8. Bengkulu
9. Sumatera Selatan
10. Lampung
11. Banten
12. DKI Jakarta
13. Jawa Barat
14. Jawa Tengah
15. DI Yogyakarta
16. Jawa Timur
17. Bali
18. Nusa Tenggara Barat
19. Kalimantan Barat
20. Kalimantan Timur
21. Kalimantan Utara
22. Kalimantan Tengah
23. Sulawesi Utara
24. Sulawesi Tengah
25. Sulawesi Barat
26. Sulawesi Selatan
27. Sulawesi Tenggara
28. Papua Barat
29. Papua

Itulah daftar 29 wilayah di Indonesia yang berpotensi hujan sedang-lebat pada pekan ini masyarakat diimbau untuk waspada bencanahidrometeorologi seperti banjir, longsor, banjir bandang, angin kencang, puting beliung dan gelombang tinggi.